HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sulawesi akhirnya memiliki jalur kereta api (KA), setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan KA Lintas Makassar-Parepare dan Depo KA Maros, Kabupaten Maros, pada Rabu 29 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan pembangunan infrastruktur kereta api saat ini jadi fokus dari pemerintah. Karena, jadi infrastruktur yang paling murah. Selain itu, ia juga mengatakan jika pembangunan moda transportasi umum di Indonesia sudah sangat terlambat.

“Tentu saja yang kita pilih paling murah untuk itu kereta api menjadi hal yang sangat dasar untuk dibangun. Pada saat saya perintah udah kita fokus dulu, apakah Kalimantan atau di Sulawesi, diputuskan di Sulawesi,” ujar Jokowi yang dikutip Holopis.com dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (29/3).

Jokowi juga mengungkapkan, nantinya jalur kereta api Trans Sulawesi akan menyambungkan beberapa wilayah mulai dari Makassar hingga Manado.

“Nantinya Insya Allah akan sambung menyambung dari Makasar sampai ke utara di Sulawesi Utara di Manado. Meskipun sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare dan yang sekarang ingin kita resmikan ini jalur dari Maros ke Baru,” ungkapnya.

Nantinya, jalur kereta tersebut diharapkan bisa menambah daya saing pemerintah
Apalagi, jalur tersebut akan digunakan untuk angkutan masyarakat, wisatawan, hingga kargo.

“Ini nanti kalau betul-betul sudah keretanya banyak ada untuk penumpang ada untuk wisata ada untuk barang ini akan menambah daya saing, competitiveness negara kita akan semakin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah,” jelas Jokowi.