HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim penunjukan Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro sebagai hal yang lumrah dan tidak masalah.

Dengan posisi Karyoto yang telah menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK sejak 2020, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menyatakan memang sudah waktunya yang bersangkutan naik tingkat.

“Memang sepertinya sudah waktunya. Kan beliau udah hampir tiga tahun menjabat Deputi Penindakan,” kata Nawawi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (29/3).

Dengan proses promosi tersebut, Nawawi menjelaskan bahwa mereka akan segera menunjuk pengganti Karyoto yang berasal dari internal KPK.

“Penggantinya tentu kami masih harus menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) karena untuk pejabat yang definitif itu harus melalui seleksi terbuka terbatas. Selama ini penunjukan Plt dari internal aja,” tukasnya.

Nawawi menambahkan, mutasi Karyoto tidak bakal berpengaruh terhadap penanganan kasus korupsi yang saat ini sedang ditangani oleh KPK mengingat prosedur yang sudah ada.

“Insyaallah nggak. Kan ada sistem kerja melalui POB (prosedur operasional baku) ataupun Probis (proses bisnis) yang ada yang tidak bergantung personal,” pungkasnya.