HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) siap melayani masyarakat, yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kapal laut selama masa Lebaran 2023.

Salah satu langkah yang dilakukan, dengan menyiapkan 68 kapal laut yang akan melayani masyarakat di seluruh perairan Indonesia. Direktur Utama Pelni, Tri Andayani merincikan dari total tersebut ada 26 kapal besar dan 42 kapal perintis.

“Jumlah kapal yang akan melayani masyarakat di seluruh perairan Indonesia terdiri dari 68 kapal, yang 26 kapal adalah kapal penumpang atau kapal besar Pelni dan 42 merupakan kapal perintis,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Selasa (28/3).

Untuk 26 kapal penumpang berkapasitas 32.447 tempat duduk, dan akan singgah di 71 pelabuhan. Sedangkan 42 kapal lainnya, memiliki kapasitas 16.092 tempat duduk dan akan singgah di 273 pelabuhan.

Tri Andayani mengatakan, masa angkutan Lebaran 2023, rencananya akan dimulai oleh Pelni pada 7 April 2023 sampai dengan 8 Mei 2023.

“Kalau Lebaran tanggal 22 dan 23 April, masa peak season Lebaran ini kami jadwalkan dari 7 April sampai dengan 8 Mei atau H-15 sampai H+15 di mana masa peak-nya itu pada saat peak mudik itu ada di 17 April atau H-5 dan peak-nya ketika balik ada di tanggal 29 April atau H+6,” jelasnya.

Selain itu, Pelni juga siapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi angkutan Lebaran 2023, di antaranya mempersiapkan kesiapan armada, kemudian penyesuaian rute dan jadwal kapal, dan kemudahan pembelian tiket secara daring.

“Pertama, tentu mempersiapkan armada kapal kami khususnya dari aspek keselamatan penumpang di mana dilakukan ramp check oleh Kementerian Perhubungan dan BKI (Biro Klasifikasi Indonesia). Kemudian kami juga memastikan ketersediaan BBM yang mana kami berkoordinasi dengan BPH Migas dan Pertamina,” kata Tri.

“Kami pastikan sebelum memasuki masa peak season di 7 April nanti seluruh kapal kami telah selesai docking. Kemudian kami juga telah memperluas cara untuk pembelian tiket secara online. Tiket ini juga bisa diakses oleh masyarakat melalui website kami, contact center, mobile apps, mini market, dan channel online,” pungkasnya.