HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu gejala dehidrasi, dapat dilihat dari kulit hal ini biasanya terjadi akibat kurangnya cairan yang dibutuhkan tubuh. Hal ini biasanya terjadi saat bulan puasa, karena harus menahan dahaga selama kurang lebih 12 jam. Untungnya, ada beberapa cara mencegah dehidrasi kulit saat bulan puasa.

Air merupakan komponen penting dalam tubuh, guna menunjang kesehatan sehingga ketika kurang konsumsi air saat berpuasa dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit. Oleh sebab itu, ketahui cara mencegah dehidrasi kulit saat berpuasa berikut ini, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Selasa (28/3).

1. Kurangi Konsumsi Kafein Ketika Sahur dan Berbuka
Konsumsi kafein adalah penyebab utama dehidrasi, karena termasuk diuretik yang mampu mengeluarkan air dari tubuh dengan cara buang air kecil. Tidak hanya minum yang cukup, kafein tidak seharusnya menjadi substitusi kebutuhan air, jika masih ingin tetap mengkonsumsi kafein pastikan bahwa pemasukan air sudah lebih banyak dari yang seharusnya.

2. Memenuhi Kebutuhan Air selama Puasa
Konsumsi air yang cukup saat sahur dan berbuka di bulan puasa, penting untuk menghidrasi kulit. Umumnya, standar konsumsi air pada suasa adalah dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur. Harapannya, dengan konsumsi yang cukup, kulit bisa tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi.

3. Menggunakan Moisturizer atau Pelembab Kulit
Guna mencegah dehidrasi pada kulit, pelembab adalah produk kesehatan yang dapat anda gunakan saat puasa. Meski tidak bisa menambah air secara langsung pada wajah, penggunaan pelembab kulit bisa mengunci air dan kelembaban yang ada di kulit. Tetapi, kamu harus menggunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit agar hasilnya maksimal.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Air
Adapun cara untuk menghidrasi kulit, dapat dilakukan dari dalam. Bahan pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung air yang dapat membantu cegah dehidrasi kulit saat puasa. Makanan yang dapat anda makan untuk hidrasi kulit seperti seledri, bayam, semangka, buah beri, dan timun. Tak hanya itu, anda juga dapat konsumsi makanan yang mengandung air, namun usahakan untuk mengurangi makanan yang terlalu manis atau berminyak.

5. Menggunakan Masker Wajah
Anda dapat menggunakan produk masker wajah, untuk menghidrasi kulit. Masker wajah mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan nutrisi yang tinggi dalam sekali pemakaian. Tak hanya itu, sheet mask banyak mengandung cairan yang bisa mencegah hidrasi kulit, saat berpuasa anda dapat menggunakannya kapan saja untuk menjaga kandungan air di kulit.

Itulah tips untuk mencegah dehidrasi kulit saat puasa yang dapat anda terapkan, terapkan seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya agar mendapat hasil maksimal dalam menghidrasi kulit saat menjalankan puasa.