HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dehidrasi merupakan kondisi seseorang kehilangan cairan tubuh berlebih, yang dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan. Hal ini bisa menyerang seseorang kapan saja, saat kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi. Terlebih lagi ketika sedang berpuasa, karena adanya perubahan pola makan.

Penting bagi setiap individu untuk mengenal bagaimana cara mencegah dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa, agar terhindar dari masalah kesehatan. Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui cara cegah dehidrasi saat puasa, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Selasa (28/3).

Cara Cegah Dehidrasi saat Berpuasa
Dehidrasi rentan terjadi, apalagi saat sedang menjalankan puasa. Terlebih lagi, bila pola makan dan minum tidak dikelola dengan baik. Masalah kesehatan yang muncul akibat terjadinya dehidrasi antara lain kejang karena gangguan keseimbangan elektrolit, hipertermia, infeksi saluran kemih, atau bahkan gangguan ginjal. Berikut cara cegah dehidrasi saat puasa :

1. Membuat Jadwal Minum Air Putih
Penting untuk memperhatikan asupan cairan tubuh selama berpuasa, agar tetap tercukupi dengan baik. Dengan menerapkan pola 2-4-2 dalam konsumsi air putih saat berpuasa, yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih di malam hari hingga menjelang sahur, dan 2 gelas air putih sahur. Hindari konsumsi air putih dengan jumlah banyak sekaligus, hal tersebut berisiko menyebabkan perut kembung hingga gangguan keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Buah dan sayur umumnya mengandung banyak air, sehingga dapat membantu cukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa. Tak hanya cegah dehidrasi, kandungan serat dalam buah dan sayur yang tinggi dapat membuat tubuh terasa lebih kenyang lebih lama, serta menurunkan resiko terjadinya sembelit selama bulan puasa. Beberapa jenis buah dan sayur yang dapat anda konsumsi saat sahur atau berbuka, diantaranya semangka, jeruk, melon, apel, brokoli, selada, dan bayam.

3. Hindari Konsumsi Kafein Berlebih
Minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh, perlu anda batasi saat berpuasa guna mencegah terjadinya dehidrasi. Pasalnya, konsumsi kafein berlebih dapat mendorong tubuh untuk sering buang air kecil yang dapat memicu terjadinya dehidrasi. Tak hanya itu, anda juga perlu membatasi konsumsi makanan serta minuman, dengan kandungan gula yang tinggi karena dapat menyebabkan rasa haus selama berpuasa.

4. Konsumsi Makanan Berkuah
Tidak hanya konsumsi air putih, ketika berpuasa anda juga disarankan untuk konsumsi makanan berkuah saat berbuka maupun sahur. Selain mencegah terjadinya dehidrasi saat berpuasa, konsumsi makanan berkuah rendah kalori juga mampu membantu menjaga berat badan ideal. Makanan berkuah yang dapat anda konsumsi diantaranya, sayur sup ataupun kaldu ayam.

5. Batasi Aktivitas Fisik Berat
Tips cegah dehidrasi saat berpuasa berikutnya yaitu batasi aktivitas fisik berat, terutama saat siang hari. Pasalnya, hal tersebut dapat memicu tubuh mengeluarkan cairan melalui keringat secara berlebihan pada saat puasa, yang dapat meningkatkan resiko dehidrasi dan membuat tubuh merasa lelah. Bila ingin berolahraga, anda disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan, seperti jalan kaki, yoga, senam aerobik, atau bersepeda.

6. Batasi Konsumsi Garam
Kandungan natrium tinggi dalam garam, dapat menarik dan menahan air didalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan rasa haus, sehingga bila kebutuhan cairan tidak tercukupi saat berpuasa dapat menyebabkan dehidrasi.

7. Perhatikan Jadwal Olahraga
Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, dan perlu membatasi aktivitas fisik namun anda tetap dianjurkan untuk rutin berolahraga saat berpuasa, guna menjaga kebugaran tubuh. Agar terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa, anda dapat berolahraga menjelang waktu berbuka puasa atau 1 sampai 2 jam sebelum tidur. Hindari olahraga tepat setelah berbuka puasa, karena dapat menyebabkan resiko gangguan pencernaan dan kram perut.

Telah kami jabarkan tips mudah agar anda tetap terhindar dari dehidrasi, saat menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan. Lakukan seperti yang telah disampaikan, agar terhindar dari dehidrasi.