HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebuah video berisi meme Ketua DPR RI, Puan Maharani menjadi pesulap merah viral di media sosial Instagram. Video tersebut dibagikan oleh akun official Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Brawijaya (UB), @bemfisipub pada Kamis (23/3) lalu.

Sebagaimana dilihat Holopis.com, video meme tersebut diawali dengan skenario Puan yang tiba di Depan Gedung Parlemen dengan menggunakan mobil SUV berwarna kuning, sambil membawa kertas bertuliskan Perrpu Cipta Kerja (Ciptaker).

Kemudian, Ketua DPP PDI Perjuangan itu disulap menjadi pesulap merah. Terlihat pula, kertas yang awalnya bertuliskan Perppu CIptaker seketika berubah menjadi Undang-undang (UU) Ciptaker yang telah disetujui.

Tak hanya itu, terlihat juga meme Presiden Joko WIdodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang memakai topi layaknya seorang pesulap.

Dalam video tersebut dituliskan juga narasi “Dalam dua bulan Perppu disulap menjadi UU. Sahkan UU menggebu-gebu rakyat pun tertipu. Konstitusi dikhianati, rakyat dikelabui,” demikian narasi yang muncul.

Unggahan meme video itu juga disertakan caption yang yang menggambarkan bahwa BEM FISIP UB menolak pengesahan Perppu Ciptaker menjadi Undang-undang. Mereka juga menyebut hari pengesahan tersebut sebagai tragedi sulap menyulap oleh penguasa.

“Selasa, 21 Maret 2023 merupakan hari tragedi sulap menyulap oleh elite penguasa. Perppu Ciptaker disetujui kurang dari dua bulan sejak Surat Presiden (Surpres) dikirim ke DPR pada 7 Februari 2023 lalu. Sepekan kemudian, Badan Legislasi DPR menggelar rapat maraton membahas Perppu tersebut,” tulis caption unggahan tersebut.

Mereka menilai, pengesahan Perppu Ciptaker tersebut terlalu terburu-buru, yang menunjukkan betapa mahirnya pemerintah dalam menipu dan mencurangi rakyat.

“Telah disahkannya Perppu Ciptaker menjadi Undang-Undang (UU) dalam 2 bulan menunjukkan mahirnya pemerintah dalam menipu dan menyurangi rakyat. Alih-alih menunjukkan kepeduliannya, penguasa lebih memilih untuk melancarkan transaksinya secara diam-diam,” tukas mereka.

https://www.instagram.com/reel/CqIbt6LpTNt/?utm_source=ig_web_copy_link