Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tips Pola Hidup Sehat Selama Bulan Ramadan, Simak Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menahan lapar dan dahaga selama 12 jam saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan sebuah keharusan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Kondisi seperti ini, dapat membuat tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan  kebutuhan harian vitamin yang tak terpenuhi. Tak hanya itu, kewajiban dalam meningkatkan ibadah dan harus bangun pertengahan malam untuk santap sahur, membuat pola tidur tidak teratur.

Beberapa hal tersebutlah yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan selama bulan Suci Ramadhan. Simak penjelasan berikut, mengenai tips pola hidup sehat selama menjalankan ibadah puasa, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi RS Islam, Sabtu (25/3).

1. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak

Konsumsi makanan berminyak secara berlebihan, dapat memicu terjadinya penggumpalan sel darah merah yang menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20%. Akibatnya anda akan mengantuk, pada siang hari.

2. Pentingnya Peran Sahur saat berpuasa

Pilihan menu makanan yang dikonsumsi saat sahur, dapat berpengaruh dapat kondisi tubuh selama seharian menjalankan ibadah puasa. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum serta nasi merah yang dapat membantu menahan lapar lebih dari 6 jam. Tak hanya itu, konsumsi makanan berprotein, buah, dan sayur-mayur, serta air putih yang cukup dapat membantu menjaga stamina selama seharian berpuasa.

3. Berbuka dengan Makan Secukupnya

Saat berbuka seseorang yang menjalankan puasa seharian full, akan makan dengan porsi yang banyak. Namun sebenarnya hal tersebut menyebabkan perut sesak akibat mengecilnya lambung dan enzim-enzim yang berkurang, makanlah secara bertahap mulai dari beberapa tegukan air putih, sedikit makanan manis, berulah makan besar selang setengah atau satu jam.

4. Batasi Aktivitas Fisik

Saat menjalankan ibadah puasa, menahan lapar dan dahaga selama 12 jam. Membuat tubuh akan cepat kehilangan energi, ketika beraktivitas secara berlebihan. Membatasi aktivitas fisik sangat diperlukan, guna menjaga tubuh tetap fit menjalankan puasa seharian, adapun ketika udara semakin panas dan terik usahakan untuk beraktivitas dalam ruangan yang dingin atau tempat yang teduh.

5. Konsumsi Makanan Manis Berlebih Saat Berbuka

Banyak yang keliru mengartikan maksud berbuka dengan yang manis, konsumsi makanan atau minuman yang manis memanglah baik guna memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Namun, porsi makan dan minuman manis yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh, apalagi olahan makanan yang menggunakan gula.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru