Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dampak Buruk Tidur dengan Lampu Menyala bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya..

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagian besar orang mungkin lebih nyaman saat tidur dengan lampu padam, namun ada pula sejumlah orang yang mungkin takut dengan kegelapan sehingga selalu tidur dengan lampu menyala. Nyatanya tidur dengan lampu yang menyala, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Paparan cahaya lampu, dapat merangsang jalur saraf dari mata ke bagian otak yang mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lain yang membuat anda tidak merasa mengantuk atau tetap terjaga. Akibatnya tidur dengan lampu menyala, mempersulit anda untuk tidur dengan nyenyak.

Simak penjelasan berikut ini mengenai dampak buruk apa saja yang ditimbulkan akibat tidur dengan lampu menyala, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (24/3).

Dampak Tidur dengan Lampu Menyala

Akibat paparan cahaya lampu di kamar, membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Berikut beberapa efek samping akibat tidur dengan lampu menyala :

1. Obesitas

Salah satu penyebab obesitas disebabkan oleh kurang tidur, hal ini terjadi karena saat tidur dengan lampu menyala anda akan sulit mencapai tidur yang mendalam. Sehingga membuat kurang tidur pada malam hari, semakin sedikit tidur maka semakin banyak makanan yang dikonsumsi. Hal ini tentu akan mempengaruhi waktu makan seseorang, di mana cenderung makan larut malam sehingga dapat menambah berat badan.

2. Depresi 

Depresi berkaitan langsung dengan tidur lampu menyala. Pasalnya, cahaya lampu biru dari perangkat elektronik dapat menimbulkan efek negatif untuk suasana hati. Sehingga anda cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah pada orang dewasa, sedangkan efek buruk pada anak-anak menjadi lebih hiperaktif.

3. Peningkatan Risiko Penyakit Kronis

Tidur dengan lampu menyala dalam jangka panjang, dapat memberikan dampak buruk kesehatan bagi seseorang. Hal ini akan menimbulkan resiko penyakit kronis seperti darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, bahkan diabetes melitus.

4. Kurang Waspada

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk, dapat menyebabkan seseorang kurang waspada. Pasalnya dapat membuat kurang konsentrasi, sehingga tidak waspada hal ini berbahaya jika seseorang perlu mengendarai mobil atau kendaraan lainnya. Tak hanya itu, dampak pada lansia yaitu menjadi rentan terjatuh apabila tidak memiliki tidur yang berkualitas.

Bagaimana Jika Hanya Dapat Tidur dengan Lampu Menyala ?

Walau memiliki dampak buruk bagi kesehatan, sebagian besar orang nyaman dan hanya bisa tertidur dengan lampu yang menyala. Jika anda salah satu orang yang tak dapat tidur dengan lampu padam, anda bisa mulai dengan menggunakan lampu kecil yang memancarkan warna merah saat tidur. Ketika terbiasa cobalah untuk tidur dengan lampu padam.

Adapun penting juga untuk memasukkan kebiasaan tidur sehat dalam rutinitas sehari-hari, agar memiliki kualitas tidur yang baik seperti : 

1. Mulai matikan lampu atau lampu berwarna merah remang-remang sebelum tidur

2. Gunakan tirai kamar yang gelap

3. Atur termostat atau pendingin ruangan (AC) ke suhu yang lebih dingin

4. Hindari penggunaan elektronik sebelum tidur

5. Hindari tidur siang

6. Pastikan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan bagun di waktu yang sama setiap pagi

7. Berolahraga di pagi maupun sore hari

8. Hindari alkohol, kafein, dan makan besar di malam hari

Pastikan untuk mencari cahaya alami maupun buatan, saat bangun di pagi hari secepat mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar mengatur nada tubuh, untuk mengenali terang artinya bangun atau terjaga dan gelap berarti saatnya tidur. 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru