HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu tanda penuaan kulit adalah munculnya kerutan di bawah mata. Kondisi ini wajar dan sering terjadi, seiring hilangnya elastisitas kulit akibat usia yang terus bertambah. Adapun paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, hingga konsumsi makanan yang kurang tepat pun dapat memicu munculnya kerutan di bawah mata.

Simak penjelasan berikut ini mengenai penyebab dan cara menghilangkan kerutan di bawah mata, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Kamis (23/3).

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata : 

Sebelum mencoba untuk menghilangkan kerutan dibawah mata, ada baiknya kenali terlebih dahulu penyebabnya. Kerutan disebabkan oleh faktor usia, penuaan, atau pun genetik yang tidak dapat dikontrol dan lebih sulit diatasi.

Namun jika penyebab kerutan dibawah mata akibat faktor lain, seperti kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, atau gerakan wajah yang berulang-ulang, maka anda dapat melakukan beberapa cara berikut guna mengatasi kerutan di bawah mata.

1. Menggunakan Pelembab

Dengan rutin menggunakan pelembab, dapat membantu anda menghilangkan kerutan dibawah mata. Cara ini juga merupakan salah satu langkah yang cukup efektif, pasalnya kulit kering cenderung meningkatkan resiko munculnya garis-garis halus di area mata. Gunakanlah jenis pelembab yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru anda.

2. Menggunakan Krim Mata

Biasanya untuk menghilangkan kerutan dibawah mata dapat menggunakan krim yang dioleskan sebelum tidur, namun hal yang harus diperhatikan adalah komposisi krim disarankan untuk memilih krim dengan kandungan hypoallergenic serta kandungan yang tak rentan menyebabkan iritasi. Selain itu, pilihlah krim mata yang mengandung retinol atau retinoid, vitamin C, peptida, dan asam hialuronat yang bermanfaat untuk merangsang regenerasi kulit serta meningkatkan elastisitas kulit.

3. Menggunakan Masker Pepaya

Cara alami yang dapat dilakukan guna menghilangkan kerutan di bawah mata, adalah menggunakan masker pepaya. Pasalnya terdapat kandungan vitamin A, C, dan E yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu menutrisi serta melembabkan kulit. Masker dapat anda buat sendiri, dengan menghaluskan ¼ bagian pepaya, tambahkan sedikit madu, diaduk hingga merata menjadi pasta masker kental, oleskan pada area dibawah mata dan diamkan hingga kering dan bilas dengan air panas.

4. Melakukan Eksfoliasi Lembut di Area Mata

Eksfoliasi adalah perawatan yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati,mengingat mata merupakan area sensitif terhadap paparan zat kimia pastikan anda melakukan hal ini dengan lembut serta menggunakan produk yang memang dirancang khusus untuk area mata. Adapun tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi fisik, dengan menggosok karena hal ini justru akan meningkatkan kerutan. 

5. Mengelola Stres

Kondisi stres juga cukup berpengaruh terhadap kesehatan kulit, seperti memicu timbulnya jerawat dan kerutan dibawah mata. Munculnya hormon kortisol akibat stres dalam jumlah banyak di aliran darah, dapat menyebabkan perpecahan sel-sel kulit. Cobalah untuk mengatasi stres dengan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti berolahraga atau menonton film.

6. Mengoleskan Minyak Zaitun

Berikutnya adalah minyak zaitun, yang dapat membantu anda menghilangkan kerutan di bawah mata. Kandungan minyak zaitun seperti vitamin E dan K, yang baik untuk kulit cukup oleskan minyak zaitun di area bawah mata agar menjaga kelembabannya.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat membantu menghilangkan kerutan di bawah mata, kandungan makanan seperti vitamin A, C, dan E. Semua itu dapat anda peroleh dalam alpukat, ikan, brokoli, coklat hitam, dan tomat. Konsumsi air putih pun harus tetap terjaga, agar kelembaban kulit tetap terjaga pasalnya area mata akan sangat menentukan kadar hidrasi seseorang.

8. Hentikan Kebiasaan Merokok

Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya garis halus di bawah mata yaitu merokok, hal itu karena rokok dapat mempercepat proses penuaan dini serta memecah kolagen. Sehingga elastisitas kulit berkurang, akibatnya muncul garis-garis halus pada wajah hentikanlah kebiasaan merokok agar terhindar dari timbulnya kerutan di bawah mata.

9. Melakukan Prosedur Medis

Selain dengan cara alami atau yang telah dijabarkan sebelumnya, kerutan dibawah mata juga dapat diatasi dengan perawatan medis. Chemical peeling dapat dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit. Selanjutnya mikrodermabrasi, yang dapat menghilangkan sel kulit berkerut sehingga lapisan kulit baru yang halus dapat terbentuk, dan yang terakhir ada cara perawatan laser guna merangsang produksi elastin dan kolagen sehingga kulit lebih kencang dan halus.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan guna menghilangkan kerutan di bawah mata, segera periksakan ke dokter jika anda ingin menghilangkan kerutan dengan prosedur medis.