HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pusing biasanya kondisi yang tak jarang dirasakan saat menjalankan ibadah puasa. Pusing merupakan gejala di dalam tubuh, yang menandakan kondisi kesehatan sedang bermasalah.

Sobat Holopis bisa saja mengalami kekurangan cairan, kekurangan darah, dll.

Tentu saja, minum obat bukan pilihan saat sedang berpuasa. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pusing saat puasa.

1. Tidur Cukup

Tidur yang kurang, atau terlalu banyak, bisa membuat sakit kepala migrain. Jika Sobat Holopis merasa pusing, coba baringkan kepala, dan istirahatkan tubuh.

Setelah itu, jangan lupa tidur malam yang cukup di hari sesudahnya agar bisa menjalankan puasa lebih total di keesokan harinya.

2. Pijat Kepala dengan Ringan

Sobat Holopis juga bisa memijat kepala dengan ringan saat merasakan pusing yang nyeri. Gerakkan jari dengan bentuk melingkar di tulang pipi wajah, kemudan geser jari secara perlahan ke atas sisi luar mata, dan terus geser hinga ke bagian dahi.

3. Hindari Cahaya Silau

HIndari cahaya yang terlalu silau seperti dari laptop, cahaya handphone yang terlalu tinggi, atau terik matahari.

Cahaya yang berlebihan bisa membuat mata lelah dan kepala semakin nyeri.

4. Kompres Kepala dengan Kain Dingin

Sobat Holopis juga bisa siapkan es batu lalu bungkus dengan kain. Tempelkan kompres kain dingin tersebut ke bagian kepala yang nyeri. Ini bisa membantu meredakan peradangan.

Tuh, Sobat Holopis beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menangani pusing saat puasa. Semoga ibadahnya tetap berjalan dengan lancar ya!