Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dishub DKI Jakarta Buka Program Mudik Gratis 2023, Cek Syarat dan Rutenya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi Sobat Holopis yang berencana melakukan perjalanan mudik di lebaran nanti, perlu kamu tahu nih kalau Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah membuka program mudik gratis untuk lebaran 2023.

“Sobat Bang Jala ada yang punya rencana untuk mudik? 🤔 Nah.. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan @dishubdkijakarta mengadakan Program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023,” tulis Dishub DKI Jakarta seperti dalam unggahan di akun Instagram mereka @dishubdkijakarta yang dikutip Holopis.com, Kamis (23/3).

Dalam program mudik kali ini, Dishub DKI Jakarta akan menyiapkan setidaknya 482 bus yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke 10 kota/kabupaten di Indonesia. Mereka juga menargetkan 19.280 pemudik dengan 690 kendaraan motor untuk diangkut ke tempat tujuan.

Untuk kendaraan sepeda motor, Dishub DKI Jakarta akan mengantarkan dengan 23 armada truk. Sehingga para pemudik bisa nyaman melakukan perjalanan mudik tanpa harus kelelahan.

Rute Arus Mudik dan Arus Balik

Ada 10 Kabupaten/Kota yang akan dijadikan tempat tujuan arus mudik dan arus balik dalam program Mudik Gratis DKI Jakarta tahun 2023 / 1444 H nanti. Berikut adalah rutenya ;

  1. Bandar Lampung
  2. Palembang
  3. Tegal
  4. Pekalongan
  5. Cilacap
  6. Purwokerto
  7. Wonosobo
  8. Sragen
  9. Madiun
  10. Kediri

    Namun untuk transportasi perjalanan mudik yang mengangkut kendaraan sepeda motor, Dishub DKI Jakarta hanya menetapkan 9 Kabupaten/Kota saja. Antara lain ;

    Tasikmalaya
    Kabupaten Kuningan
    Semarang
    Kebumen
    Surakarta Solo
    Yogyakarta
    Wonogiri
    Jombang
    Malang

Syarat dan Ketentuan

Untuk bisa mengikuti program Mudik Gratis DKI Jakarta ini, Sobat Holopis cukup menyiapkan ;

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Kartu Vaksin Terakhir
  4. STNK (apabila membawa sepeda motor)

    Bagi kamu yang ingin mengikuti program ini, Dishub DKI Jakarta menyediakan maksimal 4 orang anggota keluarga yang masih di dalam 1 (satu) KK yang sama.

    Untuk kamu pemudik yang menjalankan ibadah puasa Ramadan, Dishub DKI Jakarta juga menyediakan santapan untuk berbuka puasa di perjalanan.

    “Sst, nanti peserta mudik akan mendapat takjil gratis untuk berbuka puasa juga loh,” tulis mereka lagi.

    Sebaiknya segera melakukan pendaftaran program ini karena kuota sangat terbatas. Dan untuk mendaftar program Mudik Gratis DKI Jakarta ini, kamu bisa datang ke 6 (enam) lokasi yang sudah ditunjuk. Antara lain ;

    Kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta
    Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara
    Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Barat
    Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Pusat
    Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Selatan, dan
    Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Timur.

    Pelayanan pendaftaran dan verifikasi peserta Mudik Gratis DKI Jakarta 2023, dibuka mulai tanggal 23 Maret – 13 April 2023, mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB setiap harinya. Info lanjut bisa dicek di sini.

    Gimana Sobat Holopis, tertarik daftar? Buruan, nggak pakai lama ya geess…
https://www.instagram.com/p/CqFSWRgLRtF/
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru