HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memasuki bulan Ramadan, seluruh umat muslim diwajibkan menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam dalam sehari. Hal ini membuat kondisi tubuh pasti tidak akan terhidrasi dengan baik serta menerima vitamin yang dibutuhkan setiap harinya. Tak hanya itu, kewajiban beribadah pada pertengahan malam untuk sahur, menyebabkan pola tidur tidak teratur.

Hal inilah yang membuat kondisi kesehatan seseorang dapat terganggu, simak penjelasan cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit selama bulan ramadan. Serta siap menjalankan ibadah dan aktivitas, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Kementrian Kesehatan RI, pada Rabu (22/3).

1. Menjaga Pola Makan Sahur yang Baik

Peran penting sahur guna menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas seharian sangatlah penting. Perbanyaklah konsumsi makanan yang memiliki tinggi serat seperti buah-buahan dan sayur, serta hindari makanan yang mengandung banyak minyak yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan mengantuk pada siang hari.

2. Menjaga Pola Makan Saat Berbuka

Ketika berbuka puasa, kebanyakan orang akan mengkonsumsi banyak makanan karena sudah menahan lapar seharian. Namun konsumsi makanan yang banyak saat berbuka, dapat menyebabkan perut menjadi sesak, disarankan agar makan secukupnya dan bertahap, dimulai dari konsumsi air putih dan sedikit makanan manis saat berbuka.

3. Menjaga Pola Makan Malam

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan di malam hari, dapat menyebabkan obesitas. Maka hindarilah makan yang berlebihan di malam hari, tak hanya itu hindarilah konsumsi kopi dan soda karena dapat menyebabkan sulit tidur dan banyak lemak.

4. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari sangat diperlukan, guna menjaga kebugaran tubuh dalam menjalankan ibadah puasa.

5. Menjaga Pola Tidur

Hindarilah tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting, jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun pagi agar stamina dapat tetap terjaga selama menjalankan puasa dan aktivitas lainnya.

Menerapkan panduan yang telah dijabarkan sebelumnya, diharapkan dapat membantu anda menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan.