Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizPerppu Ciptaker Disahkan, Proses Sertifikasi Halal UMKM DIklaim Jadi Makin Mudah

Perppu Ciptaker Disahkan, Proses Sertifikasi Halal UMKM DIklaim Jadi Makin Mudah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – DPR RI telah resmi mengesahkan Peraturan Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang CIpta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi Undang-undang (UU) dalam Rapat Paripurna yang berlangsung Selasa kermarin.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto Airlangga yang mewakili Presiden mengatakan, disahkannya Perppu tersebut menjadi UU akan mempermudah berbagai hal, salah satunya yakni sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

“Ini akan menjadikan kepastian hukum, pemerintah mendorong investasi dan juga untuk menggerakan UMKM. Sertifikasi halal juga dipermudah. Kemudian berbagai kebijakan yang fleksibel di ketenagakerjaan,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (22/3).

Selain itu, lanjut Airlangga, ditetapkannya Perppu Ciptaker menjadi UU ini juga membuat banyak Peraturan Pemerintah (PP) yang akan direvisi, karena sudah tidak relevan lagi.

“Banyak aturan PP yang akan segera direvisi dan tentunya revisi PP ini tepat waktu, setelah sudah berjalannya UU Cipta Kerja selama dua tahun ini. Kita bisa mengevaluasi peraturan-peraturan tersebut,” jelasnya.

Disahkannya UU cipta kerja ini tentu membawa sejumlah implikasi positif dalam percepatan penyelenggaraan Jaminan Produk Halal. Pasalnya, regulasi tersebut mendorong percepatan sertifikasi halal bagi aneka produk (barang dan jasa) untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah bagi pelaku usaha

“UU Cipta Kerja memberi keberpihakan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) dengan menyediakan berbagai kemudahan prosedur sertifikasi halal, termasuk dengan menyediakan pembiayaan gratis sertifikasi halal,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.