HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kurma atau phoenix dactylifera merupakan buah yang biasa dikonsumsi saat bulan puasa. Tanaman buah kesukaan Nabi Muhammad SAW dan dianggap sebagai tanaman buah tertua, yang ditanam di daerah kering ini ternyata menyimpan sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh.

Simak ulasan berikut ini, agar mengetahui manfaat buah kurma serta khasiat yang terkandung didalamnya, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (22/3).

Kandungan Dalam Buah Kurma : 

Buah kesukaan Nabi Muhammad SAW yang dipercaya dapat menangkal racun atau sihir ini, rupanya bila dikaitkan dengan teori memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan dalam buah kurma dapat mengembalikan energi serta mengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Kurma juga mengandung potasium atau kalium, yang berfungsi sebagai pengontrol detak jantung, fungsi otak, mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Tak hanya itu, buah kurma juga merupakan sumber energi instan karena mengandung tinggi gula berupa fruktosa dan glukosa. Adapun kandungan lain dari buah kurma yaitu, kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, zat besi, magnesium, serta potasium.

Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan : 

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam kurma, dapat membantu mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar teratur. Tak hanya itu, buah kurma juga sangat cocok bila anda masukan dalam konsumsi diet harian.

2. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, meski tinggi kalori sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan sisanya protein yang mencukupi kebutuhan gizi dan kalori yang dibutuhkan tubuh.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Antioksidan yang terkandung dalam kurma, dapat membantu anda menghindari beberapa penyakit kronis, konsumsi buah kurma setiap harinya tentu akan menambah antioksidan dalam tubuh guna melawan beberapa penyakit kronis. 

4. Menu Tambahan Diet

Buah kurma dapat dikonsumsi langsung atau dikombinasikan dengan makanan sehat lain guna membantu anda dalam proses diet, tambahan seperti kacang almond, keju, oatmeal, dan sebagainya. Namun karena kandungan kalori yang cukup tinggi, sebaiknya tidak perlu menambahkan terlalu banyak pada makanan maupun minuman anda.

5. Stabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula

Rasa manis yang ada pada buah kurma, dapat dijadikan sebagai pengganti gula putih. Tak hanya itu, kandungan buah kurma kaya nutrisi, serat, serta antioksidan. Meski masih dalam penelitian namun buah kurma dipercaya dapat membantu mengatur gula darah, serta memperbaiki kesehatan tulang.

6. Melindungi Tubuh Dari Peradangan

Asupan antioksidan yang cukup dari polifenol yang dimiliki oleh buah kurma, akan membantu melindungi tubuh anda dari peradangan.

7. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Kurma juga bermanfaat sebagai penguat tubuh sekaligus dapat membangun otot dalam tubuh, kadar potasium yang tinggi yakni salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh dapat ditemukan dalam buah kurma.

8. Mencegah Anemia

Kurma dapat membantu anda tidak mudah pucat maupun kelelahan, pasalnya kandungan zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

9. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat buah kurma yang terakhir yaitu, mengandung asam amino dan seng dalam buah kurma, dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Banyaknya manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah kurma bagi kesehatan tubuh, yang telah dijabarkan sebelumnya dapat membantu anda agar tubuh tetap sehat dan berenergi saat menjalankan puasa.