HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pihak Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat yang menentukan kapan pelaksanaan 1 Ramadan 1444 Hijriah dimulai.

Dikutip dari keterangan Ditjen Bimas Islam, sidang Isbat yang berlangsung di kantor Kementerian Agama, Jakarta rencananya akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Dimana oroses sidang Isbat diawali pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H oleh Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Asadurrahman, di Auditorium HM Rasjidi.

“Pelaksanaan pemaparan tersebut terbuka untuk umum dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Bimas Islam TV,” tulis keterangan tersebut seperti dikutip Holopis.com, Rabu (22/3).

Dalam pelaksanaan rukyatul hisab dipastikan akan dilakukan pada 124 titik di 34 provinsi dan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama kabupaten/kota.

“Mereka juga akan bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan instansi setempat,” imbuhnya.

Sidang Isbat kemudian secara resmi akan digelar selepas Magrib dimana sidang akan dilakukan secara tertutup.

Sidang tersebut akan dipimpin secara langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu, Direktur Urais dan Binsyar akan melaporkan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 124 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Usai sidang, Menag akan menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang isbat, yaitu Penetapan Pemerintah tentang 1 Ramadan 1444 H/2023 M.Sidang isbat awal Ramadan 1444 H akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

ementara itu, sejumlah tamu undangan dari perwakilan organisasi agama pun mulai hadir ke lokasi sidang Isbat saat ini. Proses pengamanan pun terbilang lenggang pada pelaksanaan sidang Isbat kali ini.