Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Air Sedunia 2023, 22 Maret : Begini Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Air Sedunia 2023 atau World Water Day diperingati pada 22 Maret di setiap tahunnya.

Hari Air Sedunia 2023 merupakan hari besar untuk memperingati masyarakat global mengenai pentingnya air bersih beserta cara mengelolanya.

Lantas, seperti apa tema dan sejarahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sejarah Hari Air Sedunia

Hari Air Sedunia ditetapkan Majelis Umum PBB pada 22 Maret 1993 melalui sidang umum PBB ke-47 22 Desember 1992 di Rio de Jeneiro, Brasil.

PBB lantas melakukan sebuah kampanye mengenai konservasi air secara global dengan beberapa kegiatan di dalamnya, hal itu dilakukan secara seksama dengan anggota negara lainnya.

Dalam memahami masalah air dunia, PBB dalam setiap kampanyenya tentu menggandeng masyarakat.

Untuk masalah air sendiri, PBB memiliki sebuah badan bernama UN Water, yang bertanggung jawab dalam melaksanakan peringatan Hari Air Sedunia di setiap tahunnya.

Isu-isu kritis air pun kerap jadi fokus perhatian dalam kampanye air bersih yang digagas PBB dengan badannya hingga organisasi non pemerintah.

Tema Hari Air Sedunia 2023

Hari Air Sedunia 2023 kali ini mengusung tema ‘Be The Change’ atau ‘Menjadi Perubahan’.

Ada pun makna dari tema Hari Besar Sedunia tahun ini yakni mengingatkan masyarakat global mengenai cara menggunakan, mengkonsumsi hingga mengelola air di kehidupan mereka.

Selain itu, pada Hari Air Sedunia 2023 kali ini juga akan ada suatu agenda bernama Aksi Air 2023 yang turut serta melibatkan perusahaan, masyarakat, organisasi dan pemerintah untuk memberikan kemajuan pada target air dan sanitasi yang disepakati secara global.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru