HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebanyakan tidur bagi sebagian orang mungkin sangat sepele dan menyenangkan karena dianggap dapat melepas rasa lelah dari tubuh. Namun sebaiknya hindari kebanyakan tidur, pasalnya ada berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh, bila kebanyakan tidur.

Kebutuhan tidur yang dibutuhkan tubuh manusia adalah 7 sampai 8 jam, terpenuhinya durasi tidur setiap hari dapat membantu tubuh anda tetap sehat dan terjaga secara optimal, namun perlu diingat pastikan tidak menghabiskan waktu tidur secara berlebihan karena berdampak buruk bagi kesehatan. 

Simak ulasan berikut ini, agar mengetahui dampak buruk dari kebanyakan tidur bagi kesehatan serta cara megatasinya, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc, Rabu (22/3).

Dampak Buruk Kebanyakan Tidur : 

Pengelolaan waktu tidur setiap malam merupakan hal yang perlu dilakukan, memenuhi durasi tidur yang dianjurkan ahli kesehatan yaitu 7 sampai 8 jam agar kondisi dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Hindari kebanyakan tidur atau oversleeping, karena akan membuat anda terus ingin tidur dan mengantuk, dalam bahasa medis kondisi ini disebut dengan hipersomnia.

1. Sakit Kepala

Tidur Terlalu lama, dapat menyebabkan kepala sakit, hasil penelitian percaya ini terjadi karena efek tidur berlebihan pada neurotransmitter tertentu di otak, termasuk serotonin. Membuat orang yang tidur siang terlalu lama, dapat mengganggu waktu tidur malam hari dan diikuti oleh sakit kepala pada pagi harinya.

2. Diabetes

Kebanyakan tidur dapat berisiko lebih besar mengalami penyakit diabetes, untuk itu menjalankan pola tidur yang baik dan sehat setiap harinya perlu diterapkan agar terhindar dari diabetes.

3. Nyeri Punggung

Terlalu banyak tidur membuat waktu terbuang banyak di atas tempat tidur, sehingga kurang melakukan aktivitas fisik. Hal inilah yang dapat menyebabkan nyeri pada punggung, lakukanlah gerakan-gerakan ringan setiap harinya dan jangan hanya terbaring di tempat tidur guna menghindari nyeri punggung.

4. Obesitas

Hal ini dapat terjadi, karena ketika terlalu banyak tidur membuat anda lebih banyak menghabiskan waktu di kasur, sehingga membuat tubuh tidak produktif dan kurangnya aktivitas fisik atau berolahraga.

5. Depresi

Depresi tak hanya dapat disebabkan oleh kurang tidur, jangan salah kebanyakan tidur juga dapat menyebabkan depresi. Bahkan jika sebelumnya jika anda sedang mengalami depresi, hal ini akan semakin memperburuk depresi anda.

6. Kematian

Dampak paling buruk dan berbahaya dari kebanyakan tidur adalah kematian, kurang tidur maupun kebanyakan tidur rupanya berkaitan langsung dengan gangguan jantung anda. Seseorang yang memiliki kebiasaan tidur dalam waktu yang lama, memiliki resiko tinggi mengalami serangan jantung yang menyebabkan kematian.

Cegah Kebanyakan Tidur : 

1. Atur Jadwal Tidur

Untuk mencegah tidur dengan durasi yang lama dan berdampak buruk bagi kesehatan, buat dan aturlah jadwal tidur setiap harinya, lakukanlah secara konsisten agar anda memiliki waktu tidur yang sehat serta tepat setiap harinya.

2. Hindari Gadget

Hindarilah penggunaan gadget beberapa jam sebelum anda tidur, pasalnya gadget memiliki blue light yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Serta dapat membuat mata menjadi nyeri akibat, sinar yang dipaparkan ke mata anda.

3. Buatlah Suasana Tidur yang Nyaman

Pastikan suasana tidur yang nyaman, bersihkan kamar setiap hari agar tempat tidur untuk istirahat bersih dan terhindar dari gangguan, seperti tungau atau debu. Sesuaikan kondisi pencahayaan dengan suasana yang anda sukai. Tak hanya itu, anda juga perlu memastikan suhu ruangan nyaman dan sejuk, menggunakan pakaian yang nyaman agar tidur anda semakin berkualitas.

Itulah beberapa dampak buruk tidur terlalu lama serta cara mengatasinya, hindarilah tidur dengan durasi yang lama karena berdampak buruk bagi kesehatan. Lakukanlah cara untuk menghindarinya, seperti yang telah dijabarkan sebelumnya agar pola tidur anda dapat terjaga dengan baik serta terhindar dari berbagai dampak buruknya.