Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Telapak Tangan Sering Berkeringat? Ternyata Ini Penyebabnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Umumnya fungsi keringat adalah untuk mengeluarkan panas dari tubuh, contohnya seperti saat Sobat Holopis sedang berolahraga, beraktivitas berat, suhu panas, demam, atau bahkan saat tegang. Namun jika berkeringat secara berlebihan di tangan, biasa disebut dengan penyakit Hiperhidrosis.

Pada telapak tangan terdapat kelenjar keringat bernama ekrin, berbeda dengan yang ada pada bagian tubuh lain, kelenjar ekrin tidak berbau jika mengeluarkan keringat berlebihan. Penderita Hiperhidrosis biasanya mengeluarkan keringat secara berlebihan walaupun tidak melakukan kegiatan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Simak ulasan berikut ini, mengenai penyebab telapak tangan anda sering berkeringat, seperti dikutip Holopis.com dari YouTube SB30 Health, Selasa (21/3).

Penyebab Hiperhidrosis :

1. Penyebab Primer

Sistem saraf yang terlalu aktif merangsang kelenjar keringat, sehingga kelenjar keringat mengeluarkan keringat meski tidak dipicu oleh aktivitas fisik atau kenaikan suhu tubuh. Hingga kini, penyebab pasti hiperhidrosis primer belum diketahui, namun kondisi ini diduga diturunkan dari keluarga.

Jika anda salah satu orang yang sering mengalami gejala ini, tak perlu khawatir gunakanlah sapu tangan jika keringat tidak berlebih pada tangan. Adapun yang harus anda lakukan adalah, kurangi rasa cemas berlebihan, serta stress berkepanjangan yang dapat memicu keringat berlebihan ini.

Jika terlalu mengganggu dan sudah tak dapat diatasi dengan sapu tangan, konsultasikanlah kondisi tersebut pada dokter. Biasanya dokter akan memberi anda obat antikolinergik, atau penggunaan botok yang dapat menghambat produksi kelenjar keringat anda, serta pastikan anda datang langsung pada ahlinya agar mendapat penanganan yang tepat.

2. Penyebab Sekunder

Hiperhidrosis sekunder terjadi akibat kondisi medis lain, seperti diabetes, obesitas, hipertiroidisme, penyakit asam urat, menopause, dan beberapa jenis kanker. Selain akibat kondisi medis, hiperhidrosis sekunder juga dapat muncul akibat efek samping obat tertentu, seperti antidepresan, propranolol, atau pilocarpine. Kunjungilah dokter serta konsultasi langsung agar segera diatasi atau  melakukan terapi penyembuhan penyakit yang anda derita.

Segera atasi penyebab telapak tangan anda yang sering mengeluarkan keringat berlebihan, dengan langsung memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan agar mengetahui penyebab serta cara atasi yang tepat sesuai penyakit yang anda alami. Jika hanya sebatas, keringat berlebihan tanpa keluhan penyakit ikutilah cara mengatasinya seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru