Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

DPR Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan 3 Pemain Naturalisasi Timnas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi III dan Komisi X DPR RI telah menyetujui rekomendasi kewarganegaraan untuk tiga pemain naturalisasi Timnas, yakni Ivar Janner, Justin Hubner dan Rafael Struick.

Kepastian itu didapat saat Komisi III dan Komisi X DPR melakukan rapat kerja (raker) bersama Muhadjir Effendy selaku Plt Menpora RI dan jajaran PSSI, Zainudin Amali dan Ratu Tisha (Waketum PSSI), Anggota Exco PSSI Endri Erawan, Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI dan Dirtek PSSI, Indra Sjafri di Gedung DPR RI, Senayan, Senin (20/3).

“Memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI tiga atlet sepakbola atas nama Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner dan Rafael William Struick, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Selasa (21/3).

Meski begitu, PSSI mendapatkan catatan dari Komisi III dan Komisi X DPR RI yakni mengenai pembinaan usia muda yang harus bisa dirancang dengan baik, dimana road map pembinaan atlet usia muda menjadi penting agar naturalisasi pemain tidak sering dilakukan.

Dalam hal ini, Waketum PSSI, Zainudin Amali menyambut baik keputusan Komisi III dan Komisi X DPR RI dalam raker tersebut.

“Terima kasih kepada Komisi III dan X DPR RI serta Plt Menpora atas atensinya terhadap sepakbola. Tadi ada catatan dari Komisi X, mengenai road map, kami sedang dalam tahap penyesuaian road map kita,” kata Zainudin Amali.

Diketahui, bahwa PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir memiliki rencana strategis yang tertuang dalam Visi PSSI 2045.

Terdapat 4 fase menuju hal tersebut, yakni pemulihan (tahun 2023), pengembangan (tahun 2024-2028), performa (2028-2034), keemasan (2034-2045).

“Draft road map akan kami berikan satu setengah bulan setelah ini kepada Komisi X DPR RI, berdasarkan Visi PSSI 2045,” ucapnya lagi.

Terkait proses naturalisasi tiga pemain Timnas, Zainudin Amali menuturkan bahwa naturalisasi pemain merupakan proses jangka pendek, dimana Ivar Janner, Justin Hubner dan Rafael Struick merupakan pemain yang dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong itu sendiri.

“Kehadiran ketiga atlet tersebut sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Mereka juga sudah banyak berpengalaman bermain di Liga Eropa. Naturalisasi adalah proses jangka pendek, pembinaan tetap masuk dalam proses jangka panjang,” tambahnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

China Open 2024 : Fajar/Rian Diganyang Malaysia!

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus terhenti langkahnya pada perempat final China Open 2024, usai takul di tangan wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Jack Miller Balapan di MotoGP 2025 Bersama Pramac Pakai Motor Yamaha

Jack Miller akan ikut dalam balapan MotoGP 2025, setelah resmi menandatangani kontrak dengan tim Pramac Racing Yamaha. Durasi kontrak yang ditawarkan, yakni selama satu musim.

China Open 2024 : Jonatan Christie Tembus ke Semifinal Usai Sikat si Kuda Hitam

Jonatan Christie berhasil melangkah ke babak semifinal China Open 2024, usai sukses mengandaskan perlawanan si kuda hitam asal tuan rumah Lei Lan Xi di babak perempat final.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru