Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Begini Statemen Gus Fuad Plered yang Jadi Pemicu Amarah Ormas Tertentu

Ini bukan berarti saya itu mengingkari Kehabiban. Enggak, darah itu ada tempatnya, ilmu itu juga ada tempatnya. Sayyidina Ali bahkan bilang, 'al 'ilmu bil adab, laa binnasab'.

“Ini bukan berarti saya itu mengingkari Kehabiban. Enggak, darah itu ada tempatnya, ilmu itu juga ada tempatnya. Sayyidina Ali bahkan bilang, ‘al ‘ilmu bil adab, laa binnasab‘. Ilmu itu karena adab, karena belajar, karena prihatin, karena riyadhoh, bukan karena nasab, bukan karena darah,” tegas Gus Fuad.

“Perwaris penerusnya Rasulullah itu adalah ulama. ‘al ulama warosatul anbiya‘. Bukan As-Sayyid atau Al-Habib warosatul anbiya, nggak ada itu. Adanya, al ulama warosatul anbiya,” sambungnya.

Namun, ada kalimat Gus Fuad yang dipotong dan dijadikan bahan untuk menggunjingnya. Yakni soal statemen dia yang meminta agar para Habaib agar berhenti berdakwah saja karena banyak yang melakukan kerusakan dari isi dakwahnya.

“Kalau boleh saya menyarankan itu, untuk sementara itu mungkin Habib-habib itu berhenti lah dakwah di Indonesia, karena ngerusak itu kebanyakannya itu. 100 habib yang ceramah itu yang bener cuma dua atau tiga, yang lain ngaco saja, bikin gaduh aja. Bikin ngancem-ngancem, nakut-nakutin pribumi,” lanjut Gus Fuad.

Akibat dari isi video itu, pondok pesantren Gus Fuad Plered langsung disatroni para ormas Islam tertentu untuk melakukan counter statement kepadanya pada hari Senin (20/3) sore. Bahkan, sempat ada upaya aksi penyerangan fisik kepada salah satu santri Abuya KH. Muhammad Dimyathi Al-Bantani, Pandeglang, Banten tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru