Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Selama Hari Raya Nyepi, Mesin ATM di Bali Nonaktif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama perayaan hari raya Nyepi di Bali, kegiatan transaksi melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri) akan nonaktifkan. Menurut Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, penonaktifan ATM akan dilakukan bertahap mulai 21 Maret 2023 pukul 10.00 WITA.

“Sarana mesin ATM akan kembali beroperasi seperti biasanya mulai hari Kamis 23 Maret 2023 pada pukul 07.00 WITA,” ujar Direktur Eksekutif KPW BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho dalam keterangan tertulis, yang dikutip Holopis.com, Senin (20/3).

Untuk itu, masyarakat diminta untuk memenuhi kebutuhan uang tunai. Sehingga, bisa melakukan transaksi selama mesin ATM nonaktif. Sementara, untuk penyelesaian transaksi lainnya dapat dilakukan secara non tunai melalui internet banking atau mobile banking.

“Layanan perbankan yang berbasis elektronik atau digital seperti mobile banking tetap beroperasi seperti biasanya sepanjang ditunjang dengan sarana jaringan komunikasi atau internet,” ujar Trisno.

Teisno menjelaskan, menjelang hari raya Nyepi dan memasuki bulan Ramadan kebutuhan uang tunai di wilayah bali meningkat 5 persen dari tahun lalu, yakni Rp 2,8 triliun pada 2022 menjadi sebesar Rp 2,98 triliun di tahun 2023.

Demikian pula dengan transaksi digital berbasis QRIS mengalami peningkatan dari Rp 104,3 miliar di Januari 2022 menjadi Rp 383 miliar di Januari 2023 atau meningkat sebesar 267% (yoy).

Trisno menyampaikan bahwa untuk memenuhi kebutuhan uang tunai dengan jumlah yang cukup dan jenis pecahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia telah menyediakan uang tunai sebesar Rp 4,36 triliun atau 1,5 (satu setengah) kali dari kebutuhan masyarakat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru