Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Prabowo Subianto Tawarkan Opsi Ini Antisipasi Kelangkaan Pupuk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku memiliki beberapa opsi dalam mengatasi persoalan pupuk yang terjadi di beberapa wilayah saat ini.

Langkah ini sendiri untuk menindaklanjuti kekurangan pupuk yang paling besar disebabkan perang antara Rusia dengan Ukraina sejak beberapa waktu lalu.

“Perang Ukraina-Rusia yang sangat jauh dari kita, belasan ribu kilometer, tapi telah mempengaruhi seluruh ekonomi dunia karena Ukraina penghasil pangan, salah satu terbesar di dunia, penghasil gandum, 20 persen gandum dunia dari Ukraina,” kata Prabowo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (18/3).

Selain mengurangi pupuk kimia, pemerintah kemungkinan akan menambah jumlah ternak di Indonesia untuk dimanfaatkan kotorannya sebagai pupuk.

“Presiden sudah memiliki suatu rencana, untuk kita harus tambah beli banyak ternak untuk bangsa kita, ternak sapi, ternak kambing, semua ternak, kemudian kita harus pakai kotorannya dicampur dengan bahan-bahan organik, kompos-kompos, sisa-sisa rumput, sisa-sisa tanaman kemudian jadi pupuk,” terangnya.

Dalam waktu dekat, Prabowo pun akan melaporkan solusi yang relatif dianggap lebih murah ini kepada Presiden Jokowi.

“Ini akan sangat murah, kita sedang uji coba di beberapa tempat mudah-mudahan hasilnya bagus, kita akan laporan ke Bapak Presiden untuk 1 hektare cukup Rp 30-40 ribu untuk pengganti pupuk kimia dan pengganti pestisida, ini sedang kita uji coba, mudah-mudahan insyaallah akan berhasil,” ungkapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru