3. Bawang Putih

Sering digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur, rupanya zat allicin pada bawang putih yang bersifat antivirus dapat melawan semua virus, termasuk Human Papilloma Virus (HPV) penyebab kutil. 

Bawang putih dapat menyebabkan kutil melepuh serta menghilangkannya dalam waktu satu minggu. Penggunaan bawang putih ini, dapat dilakukan dengan cara, hancurkan atau haluskan bawang putih dan tempelkan pada kutil, kemudian perban serta diamkan selama 24 jam.

Penanganan Medis Atasi Kutil

1. Cryotherapy

Tak hanya dapat diatasi dengan cara alami, kutil yang mengganggu juga dapat anda atasi dengan melakukan serangkaian anjuran dokter dan obat yang disarankan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu, cryotherapy atau menghilangkan kutil dengan cara membekukannya menggunakan cairan nitrogen.

Metode ini hanya berlangsung dalam beberapa menit dan biasanya tidak menimbulkan bekas luka sama sekali. Selain itu, teknik penghilangan kutil ini dinilai tidak menyebabkan kutil menyebar ke area tubuh lain di kemudian hari.

2. Penggunaan Retinoid Gel

Menghilangkan kutil juga dapat menggunakan krim retinoid, dalam penggunaannya sangat disarankan sesuai petunjuk yang diberikan dokter. Pasalnya walaupun dapat menghilangkan kutil dengan ampuh, penggunaan berlebihan dapat berisiko berbahaya.

Seperti berubahnya warna kulit, iritasi, serta menjadi sensitif akan sinar matahari. Anda dapat melakukan cara ini,bila penanganan lainnya yang telah dijabarkan sebelumnya tidak berhasil.

Menyembuhkan kutil, dengan cara alami maupun menggunakan obat dan penanganan medis memiliki efek yang sama yaitu penyembuhan. Melakukan cara pengobatan yang telah dijabarkan sebelumnya, secara berkala dan konsisten, akan membantu anda menghilangkan kutil mengganggu serta mencegahnya tumbuh kembali.