Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Siap-siap, Tarif Bus AKAP Bakal Naik 35 Persen saat Mudik Lebaran 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Para pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) berencana menaikkan tarif bus antar kota antar provinsi (AKAP) pada momen mudik Lebaran tahun 2023 ini.

Ketua IPOMI, Kurnia Lesani Adnan mengatakan, kenaikan tarif tersebut akan berkisar antara 25-35 persen.

“Kami akan menaikkan kurang lebih di 25-35% lah. Kurang lebih segitu lah range-nya,” ujar Kurnia dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (17/3).

Dia mengklaim, para pengusaha bus diberi kelonggaran untuk mengatur tarif bus AKAP, khususnya untuk kelas bus non ekonomi.

Sementara untuk tarif bus AKAP kelas ekonomi, lanjut Kurnia, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kalau (tarif bus AKAP) ekonomi kami nunggu kebijakan dari Kemenhub dan untuk AKDP-nya di pemerintah provinsi,” kata Kurnia.

Sejalan dengan pernyataan Kurnia, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Amirulloh menyatakan bahwa pihaknya tidak mengatur tarif bus non ekonomi.

Dia menegaskan, bahwa pihaknya menyerahkan keputusan besaran tarif bus non ekonomi kepada masing-masing pengusaha, sesuai dengan persaingan pasar dan juga pilihan masyarakat.

“Non ekonomi kan memang itu mekanisme pasar, bus-bus itu sudah mempersilakan masyarakat memilih sendiri,” ujar Amirulloh di kantornya.

Kemudian untuk bus kelas ekonomi, menurutnya penentuan harga ditentukan lewat batasan tarif, yakni tarif batas atas dan tarif batas bawah. Menurutnya, penentuan tarif bus kelas ekonomi akan menjadi pelanggaran apabila tarifnya di atas tarif batas atas.

“Apabila ada pelanggaran tarif batas atas itu yang akan ditindaklanjuti,” ungkap Amirulloh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru