Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizAngpao Lebaran Aman, BI Siapkan Uang Tunai hingga Rp195 Triliun

Angpao Lebaran Aman, BI Siapkan Uang Tunai hingga Rp195 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi-bagi angpao yang berisi uang tunai kepada keluarga, kerabat, atau orang terdekat menjadi tradisi saat momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tak ayal, kebutuhan uang tunai selama periode Ramadan hingga Lebaran pun meningkat.

Oleh sebab itu, Bank Indonesia (BI) pada Lebaran tahun ini menyiapkan uang tunai lebih banyak ketimbang tahun lalu, yakni hingga Rp195 triliun.

Deputi Gubernur BI, Aida S Budiman pun memastikan, pasokan uang tunai yang disiapkan itu tentu merupakan uang yang layak edar.

“BI memastikan pasokan uang tunai layak edar jumlahnya cukup yaitu Rp 195 triliun. Angka ini tumbuh dibandingkan tahun lalu sekitar 8,22%,” jelas Aida dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (17/3).

Untuk memastikan peredaran uang tunai di masyarakat aman, Bank Sentral Indonesia itu telah memperluas kerja sama dengan perbankan. Sehingga nantinya, akan ada 5.066 titik penukaran uang yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Adapun khusus untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) telah disiapkan 599 titik, dengan ketersedian uang tunai sekitar Rp48,2 triliun.

Namun Sobat Holopis yang ingin melakukan penukaran uang tunai harus bersabar. Sebab, layanan penukaran uang tunai ini baru akan dibuka pada 20 Maret sampai 20 April 2023.

“Kalau ada uang di perbankan, ambil uangnya terus tukarkan uang baru. Nanti ada paket Rp 3,8 juta yang isinya dari (pecahan) Rp 20 ribu sampai Rp1.000 Satu paket satu orang,” jelasnya.

Selain kerja sama dengan perbankan, BI juga akan membuka penukaran uang melalui layanan kas keliling, terutama di wilayah 3 T dan pusat keramaian lainnya.

“BI juga akan ada layanan di pusat perayaan keagaman, juga di titik rest area,” ujar Aida.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.