Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ketua RT Pembubar Umat Nasrani Ibadah di Lampung Ditahan

HOLOPIS.COM, LAMPUNG – Pihak kepolisian resmi menetapkan ketua RT di Lampung yang membubarkan ibadah umat Nasrani yakni Wawan Kurniawan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad memngatakan, pihaknya juga langsung menahan ketua RT 12, Kelurahan Rajabasa Jaya, Bandar Lampung tersebut.

“Iya benar, tadi malam yang bersangkutan (Wawan) telah ditetapkan menjadi tersangka. Saat ini telah ditahan di Polda Lampung,” kata Zahwani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (16/3).

Wawan ditetapkan tersangka setelah penyidik memeriksa sejumlah saksi dan alat bukti dalam aksinya saat membubarkan jemaat Gereja Kristen Kemah Daud (GKKD) yang tengah beribadah beberapa waktu lalu.

“Ada 15 saksi diperiksa dalam upaya penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan. Kami juga telah melibatkan saksi ahli dan saksi ahli agama maupun saksi ahli hukum pidana,” tuturnya.

Dari sejumlah barang bukti berupa berupa rekaman CCTV, video, surat kesepakatan, surat izin, dan surat tanda lapor, penyidik kemudian menjerat Wawan dengan pasal 156 KUHP.

“Pemeriksaan Wawan Kurniawan sebagai tersangka dengan persangkaan dugaan perbuatan pidana Pasal 156a huruf a KUHP dan atau 175 KUHP dan atau 167 KUHP telah selesai dilaksanakan,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, aksi intoleransi kembali berulang ketika terjadi pembubaran kegiatan ibadah Jemaat Gereja Kristen Kemah Daud di Bandar Lampung. Dimana aksi intoleransi tersebut dilakukan oleh Ketua RT setempat dengan cara membubarkan para jemaah yang sedang beribadah.

Pihak RT beralasan, izin yang dimiliki oleh gereja tersebut belum sesuai dengan aturan yang ada sehingga diputuskan sepihak oleh RT tersebut untuk membubarkan para jemaah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru