Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Banyak Tarik Utang Sebelum Suku Bunga Naik

Sri Mulyani Banyak Tarik Utang Sebelum Suku Bunga Naik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan penyebab di balik melonjaknya utang pemerintah hingga per Februari 2023, sebesar 101,1 persen secara tahunan, menjadi Rp186,9 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa lonjakan utang pemerintah tersebut merupakan langkah pihaknya sebagai Bendahara Negara, sebagai bentuk antisipasi adanya potensi kenaikan bunga pada Semester kedua tahun 2023 mendatang.

“Kita memang melakukan front loading karena kita tahu bahwa tren kenaikan suku bunga akan diantisipasi pada semester II, atau levelnya tinggi yang disebut higher for longer, sehingga kita cari kesempatan saat suku bunga belum naik,” katanya dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Rabu (15/3).

Sebagai informasi informasi, realisasi utang pemerintah utang pemerintah melalui penerbitan surat utang sampai Februari 2023 mencapai Rp 186,9 triliun. Realisasi itu setara dengan 26,84 persen dari target Rp 696,4 triliun di APBN 2023.

Dengan besaran tersebut, total realisasi pembiayaan utang pemerintah sudah mencapai 26,84 persen dari target pembiayaan utang pada APBN tahun 2023, yang sebesar Rp696,3 triliun.

Sri Mulyani menuturkan, meskipun utang pemerintah secara tahunan melonjak 162,6 persen, namun pemerintah tetap memperhatikan kondisi pasar surat utang baik di dalam maupun di luar negeri.

Adapun untuk pinjaman pemerintah sampai dengan akhir Februari 2023, tercatat pinjaman yang telah ditarik sebesar Rp9,2 triliun. Angka itu terbilang lebih rendah dari pinjaman Februari 2023 sebesar Rp25,3 triliun.

“Kalau penerimaan pajak, bea cukai, dan PNBP tetap bagus dan belanja disiplin, kita berharap defisit bisa dijaga. Ketidakpastian masih harus diwaspadai di bulan-bulan ke depan, terutama pada semester kedua,” kata Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.