HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mewanti-wanti agar setiap Kementerian/Lembaga mematuhi perintahnya terkait dengan pembelian produk dalam negeri untuk setiap pengadaan barang dan jasa.

Pasalnya, dirinya mengendus masih ada upaya memainkan pembelian produk impor demi mengakali instruksi yang telah diberikan sebelumnya.

“Dan jangan sampai, yang kedua yang saya sampaikan, jangan sampai saya dengar ini ada hanya diganti kulitnya, dalamnya tetap barang impor, re-packagin,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (15/3).

“Dipikir saya enggak tahu. Ini hati-hati,” tambahnya.

Dengan adanya dugaan seperti itu, Jokowi pun telah memerintahkan aparat untuk melakukan pengawasan ketat agar tidak ada lagi permainan tersebut.

“Saya perintahkan ini pada Polri, untuk dicek betul. Kalau ada seperti ini, sudah, mau bohong-bohongan terus kita,” tuturnya.

Oleh karena itu, demi meningkatkan semangat para Kementerian/Lembaga tersebut, Jokowi sampai memberikan iming-iming hadiah demi mematuhi aturan pembelian produk dalam negeri.

“Yang nanti akhirnya kalau sudah tadi jelas, ada yang juara satu, juara satu, juara satu, itu akan kita hubungkan, saya sudah perintah ke Menpan RB untuk yang namanya tukin, ini kalau sudah masuk ke tukin pasti semuanya akan semangat,” pungkasnya.