HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengaku kesal karena dirinya masih menemukan perilaku institusi Polri yang melakukan impor terhadap sejumlah barang kebutuhan mereka.

Padahal, dari sisi teknologi saja menurut Jokowi, Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri barang barang seperti senjata maupun pelurunya.

“Jangan sampai ini saya minta di Kemenhan, di Polri, seragam militer, kita ini bisa bikin, ekspor ke semua negara. Eh, kita malah beli dari luar,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (15/3).

“Sepatu, senjata, kita bisa bikin loh. Kalau yang canggih-canggih, silakan. Yang mau beli pesawat tempur, karena memang kita belum bisa. Tapi kalau senjata, peluru, kita sudah bisa,” sambungnya.

Jokowi kemudian mempertanyakan mengapa untuk barang-barang yang terbilang mudah diproduksi dalam negeri kemudian malah diimpor dari luar negeri oleh Polri dan TNI.

“Apalagi hanya sepatu, kenapa harus beli dari luar? Makanan prajurit,” imbuhnya.

Jokowi kemudian menambahkan, seharusnya target 95 persen pagu anggaran barang dan jasa itu harus dibelikan produk-produk dalam negeri.

“Kalau ini bisa kita lakukan, industri dalam negeri, industri UMKM kita semuanya akan hidup dan berkembang,” pungkasnya.