Ternyata, Ellie sudah terkena jamur Cordyceps sejak sehingga virus yang masuk mengira Ellie adalah Cordyceps dan tak menyerang tubuhnya.

Namun, dokter harus mengambil bagian dari otak Ellie sehingga mengharuskan ia mati, demi memproduksi vaksin untuk dunia.

Hal itu tidak bisa diterima oleh Joel yang baru saja menemukan ‘pengganti’ anaknya.
Memilih untuk menyelamatkan Ellie dibandingkan dunia, Joel pun membunuh semua orang yang ada di sana.

Marlene yang harus membuat keputusan berat
Marlene yang harus membuat keputusan berat [Foto: HBO]

Bagian cerita di sini mengambil alur persis seperti di video game. Meski demikian, serial ini berhasil mengganti beberapa aspek, yang justru membuat penonton semakin terharu.

Penonton juga bisa merasakan rasa perih Joel dan keputusannya yang sudah bulat untuk menyelamatkan Ellie dengan segala risikonya.

Tak hanya itu, pengisi suara Ellie yang asli dari game, Ashley Johnson di sini berperan sebagai Anna, ibu Ellie yang menunjukkan kepada penonton bagaimana awalnya Ellie bisa menjadi imun terhadai Cordyceps.

Episode ini berhasil mencapai ekspektasi para penonton baik yang belum memainkan gamenya, maupun yang sudah.

Holopis.com memberikan nilai 9.9/10 untuk episode ini, yang merupakan paling tinggi dari episode-episode sebelumnya.

Setelah season 1 rangkum, netizen dijamin penasaran dengan kelanjutan kisah Joel dan Ellie di season 2. Masih menjadi misteri juga apakah season 2 akan mengikuti alur cerita di video game, mengingat video game The Last Of Us Part II menuai pro dan kontra karena alur ceritanya.

Kita tunggu saja ya kelanjutannya, Sobat Holopis.