Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Cabut Perlindungan Richard Eliezer, LPSK Ngamuk Dituduh Baperan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) ngotot bahwa Richard Eliezer telah melanggar perjanjian mengenai perlindungan sebagai justice Collaborator.

Juru Bicara LPSK, Rully Novian pun meradang ketika Menkumham Yassona Laoly menuding bahwa apa yang dilakukan terhadap terpidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua itu hanya sebatas ego sektoral.

“Ini bukan ego sektoral, ini tentang LPSK menjalankan tugas fungsi yang dimandatkan oleh Undang-undang,” kata Rully dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (13/3).

Rully kemudian makin ngamuk ketika LPSK dituduh baperan dengan pencabutan perlindungan terhadap mantan ajudan Ferdy Sambo tersebut.

“Jadi kami juga tidak seolah-olah LPSK Baper, nggak. Kalau bukan LPSK yang menjalankan Undang-undang perlindungan saksi dan korban dan menaati di perjanjian kesediaan, lalu siapa? Ini masalah menegakkan apa yang sudah disepakati,” klaimnya.

Menyinggung perihal wawancara dengan stasiun televisi swasta, Rully pun sesumbar bahwa tidak hanya Kompas TV yang selama ini meminta untuk wawancara melainkan juga banyak media lainnya.

“Banyak media yang ingin meminta mewawancarai, sebagian besar kita tolak. Kenapa? Ini demi kepentingan terlindung LPSK. Kepentingan itu yang kami jaga. Memitigasi resiko, bukan berarti ada ancaman dalam konteks wawancara. Tapi memitigasi resiko yang akan timbul dari hasil itu,” tegasnya.

Dengan sanksi pencabutan perlindungan tersebut, ditambahkan Rully, untuk memberi pelajaran kepada semua pihak atas konsistensi mereka terhadap perjanjian yang ada dengan LPSK.

“Tetapi LPSK harus sampaikan, tidak ada persoalan terhadap Eliezer atau pihak manapun. Ini masalahnya kita menegakkan aturan dan kita LPSK yang membuat itu dan LPSK harus taat kepada itu,” ujarnya.

“Yang kita lindungi itu bukan satu dua orang, kalau kita tidak taat dan membiarkan uji maka akan berdampak pada perlindungan lainnya oleh LPSK,” sambungnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.

Bamsoet Sambut Gembira Wacana Silaturrahmi Prabowo – Mega

Politikus senior Golkar sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung wacana pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Dugaan Kebocoran Data, DJP Imbau Wajib Pajak Jaga Keamanan Data

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran data pada sistem mereka. Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Dwi Astuti.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru