Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizJokowi Wanti-wanti Harga Gabah Jangan Sampai Jatuh

Jokowi Wanti-wanti Harga Gabah Jangan Sampai Jatuh

HOLOPIS.COM, NGAWI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti agar harga gabah jangan sampai jatuh, mengingat panen raya padi saat ini tengah terjadi di berbagai daerah.

Untuk itu, dia meminta jajarannya untuk segera menentukan harga gabah kering panen (GKP).

“Yang paling penting memang harga gabah harus segera ditentukan. Jangan sampai harganya jatuh, karena ini panen raya di mana-mana,” kata Jokowi saat meninjau panen raya padi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang dikutip Holopis.com, Sabtu (11/3).

Jokowi mengatakan, harga GKP nantinya akan diumumkan oleh Badan Pangan Nasional.

Jokowi pun berpesan agar dalam penentuan harga yang nantinya akan diumumkan oleh Badan Pangan Nasional tersebut, berada di bawah biaya penanaman padi yang sudah dikeluarkan petani.

“Itu saja yang paling penting, karena ini panen raya, kalau enggak dijaga, harganya pasti akan jatuh baik gabahnya maupun berasnya,” tegas Jokowi.

Lebih lanjut, Kepala Negara itu pun mengakui, bahwa pemerintah kesulitan menyeimbangkan harga gabah di petani secara wajar

“Artinya dapat keuntungan. Harga di pedagang wajar, artinya pedagang dapat keuntungan. Harga di konsumen di masyarakat juga wajar. Mencari keseimbangan yang seperti itu yang tidak gampang,” jelas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengajak masyarakat untuk segera menanam sawah mereka. Sebab, kata dia, musim hujan saat ini belum sepenuhnya berakhir.

“Dan saya mengajak kepada seluruh petani di Tanah Air karena ini airnya masih ada, masih ada hujan. Setelah dipanen jangan diberi jeda, langsung diolah lagi tanah, tanam lagi karena ini airnya masih ada,” tukas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).