HOLOPIS.COM, JATENG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sebuah Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) yang berada di Desa Plesung, Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jokowi pun mengklaim, dengan anggaran mencapai Rp 175 miliar yang telah dihabiskan untuk pembangunan lahan ini, bisa memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat sekitar.

“Satu hektarenya kurang lebih kita harapkan di atas 40 ton dan kawasan budi daya udang ini menghabiskan anggaran Rp175 miliar,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (9/3).

Dengan adanya tambak udang ini jugalah, mantan Wali Kota Solo itu berharap agar manajemen pertambakan modern yang diterapkan di tambak budidaya udang ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya di tanah air.

“Kita harapkan ini menjadi sebuah contoh yang baik bagi budidaya udang vaname yang memerlukan kebersihan air, yang memerlukan betul-betul manajemen yang detail. Kita harapkan ini menjadi contoh bagi kita semua,” pintanya.

Jokowi pun sebelumnya dalam kunjungan kerja di Kebumen, Jawa Tengah ikut menghadiri kegiatan panen raya padi para petani. Didampingi oleh Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jokowi menyerap aspirasi dari para petani.