HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hyundai Ioniq 5 disebut akan mendapatkan subsidi dari pemerintah, pihak Hyundai pun ucapkan terimakasih dengan kebijakan pemberian subsidi untuk kendaraan listrik. Langkah tersebut, menjadi dukungan untuk mencapai zero emission.

“Kami sangat berterima kasih atas support dari pemerintah terhadap kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” ujar Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (9/3).

“Jadi kalau kita evaluasi dari tahun 2019, pemerintah Indonesia dalam mensupport EV ini kan sangat bagus. Ini merupakan terobosan-terobosan yang terus dilakukan pemerintah. Ini sangat menguntungkan buat konsumen dan masyarakat kita untuk mendapatkan zero emission,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah akan berikan insentif atau subsidi kendaraan listrik mulai 20 Maret 2023. Selain Hyundai Ioniq 5, kendaraan listrik Wuling juga mendapatkan subsidi tersebut.

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang mengungkapkan jumlah kendaraan listrik yang akan menerima insentif di tahun 2023.

“Untuk sepeda motor listrik itu 200 ribu unit sampai dengan akhir Desember 2023. Mobil sampai saat ini ada dua, Hyundai Ioniq 5 dan Wuling, kami berikan bantuan untuk 35.900 unit sampai akhir tahun ini,” ujar Agus.

Tidak hanya motor dan mobil listrik yang mendapat insentif dari pemerintah, tetapi juga ada untuk bus listrik sebanyak 138 unit.

“Untuk bus, jumlahnya yang diberikan bantuan yaitu 138 unit. Bantuannya akan diberikan langsung ke produsen, karena kami mudah mengawasinya kalau produsen,” ungkap Menperin.