Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizHarga Gabah Terlalu Rendah, Jokowi : Lagi Dihitung

Harga Gabah Terlalu Rendah, Jokowi : Lagi Dihitung

HOLOPIS.COM, JATENG – Presiden Jokowi menghadiri prosesi panen raya padi yang dilakukan di daerah Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Dalam peninjauannya tersebut, Jokowi pun menyerap sejumlah masalah yang dikeluhkan para petani.

Didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jokowi pun mengakui bahwa harga gabah di kalangan petani saat ini terbilang sangat rendah.

“Ya, ini di banyak provinsi kan baru panen raya. Dan, tadi saya menanyakan langsung kepada para petani bahwa GKP (gabah kering panen)-nya jatuh di harga Rp 4.200, memang terlalu rendah,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (9/3).

Melihat rendahnya harga tersebut, Jokowi kemudian mengklaim bahwa pemerintah sedang berupaya melakukan intervensi harga yang terbilang layak untuk setiap gabah kering dari petani.

“Sehingga pemerintah ini sedang menghitung dan nanti segera diumumkan oleh Badan Pangan Nasional, harga GKP-nya ini harusnya berapa,” tukasnya.

Dari perhitungan yang digunakan, Jokowi kemudian menjelaskan ada sejumlah aspek yang dicantumkan agar nantinya harga yang digunakan memamg sesuai dengan berbagai pihak.

“Karena kita punya hitung-hitungan cost dalam setiap komponen berproduksi beras ini sudah kelihatan semuanya, baik mengenai sewa lahan, pupuk, bibitnya, dan lain-lainnya sudah ketemu. Nanti, Badan Pangan yang akan mengumumkan,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian berharap, dengan penentuan harga tersebut setidaknya bisa memberikan keuntungan kepada para petani dan masyarakat yang membeli beras.

“Kita harapkan harga gabah di petani itu wajar, harga beras di pedagang itu wajar, harga pembelian beras oleh masyarakat juga pada posisi yang wajar. Semuanya mendapatkan manfaat dan keuntungan dari perhitungan itu,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi-lagi Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau masih belum mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini ini, Selasai 24 September 2024.

Hari Ini, IHSG Berpotensi Rebound Lagi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencoba untuk rebound lagi ke level yang lebih tinggi pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.