Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Malam Ini Ada Peringatan Nisfu Sya’ban, Begini Asal Muasalnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Malam Nisfu Sya’ban yang merupakan salah satu waktu mulia dalam Islam akan dimulai pada hari ini, Selasa (7/3), bersamaan dengan datangnya tanggal 15 di bulan Sya’ban atau bulan kedelapan di Kalender Hijriah.

Sama halnya dengan hari-hari dalam Islam lainnya, malam Nisfu Sya’ban juga memiliki sejarah atau asal muasal yang menarik untuk diketahui. Lantas seperti apa sejarahnya?

Sejarah malam Nisfu Sya’ban

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU Online), malam Nifsu Sya’ban memiliki arti malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan.

Adapun untuk istilah malam Nisfu Sya’ban ini sebenarnya baru muncul di zaman Tabi’in atau setelah masa Rasulullah Muhammad SAW.

Dikutip Holopis.com dalam kitab Al-Mawahib Al-Laduniyah, karya Al-Imam Al-Qasthalani, peringatan malam Nisfu Sya’ban dimulai saat Tabi’in dari tanah Syam, seperti Khalid bin Ma’dan dan Makhul bersungguh-sungguh dalam beribadah di malam Nisfu Sya’ban, yang kemudian diikuti oleh orang-orang di Tanah Syam.

Kemudian ketika perayaan malam Nisfu Sya’ban viral, orang-orang berbeda pandangan menanggangapinya. Sebagian menerima, dan sebagian lain mengingkarinya.

Mereka yang memgingkari adalah mayoritas ulama Hijaz, termasuk dari mereka Atha’ dan Ibnu Abi Malikah. Abdurrahman bin Zaid bin Aslam dari kalangan fuqaha’ Madinah menukil pendapat bahwa perayanan malam Nisfu Sya’ban seluruhnya adalah bid’ah. Ini juga merupakan pendapat Ashab Maliki dan ulama selainnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa yang mula-mula memulai peringatan malam Nisfu Sya’ban adalah segolongan ulama Tabi’in daerah Syam. Artinya, peringatan malam Nisfu Sya’ban ini belum ada pada zaman Rasulullah dan Sahabat, dan baru ada pada zaman Tabi’in.

Adapun untuk peringatan malam Nisfu Sya’ban yang kini banyak dilakukan oleh mayoritas muslim di Indonesia itu dasarnya adalah mengikuti perbuatan segolongan ulama Tabi’in dari negeri Syam, atau yang kini dikenal dengan negeri Suriah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

02:15:31

Live Streaming Misa Natal 2023 dari Gereja Katedral Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hallo Sobat Holopis, Gereja Katedral akan...

Persiapan dan Tata Cara Menghadiri Ibadah Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menghadiri ibadah Misa Natal di Gereja...

Fasilitasi Difabel, Kemenag Produksi Video Ayat Alkitab Bahasa Isyarat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru