Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizGubernur BI Klaim Kebijakan GNPIP Sukses Turunkan Inflasi Pangan Dua Kali Lipat

Gubernur BI Klaim Kebijakan GNPIP Sukses Turunkan Inflasi Pangan Dua Kali Lipat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengklaim, kebijakan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang dimulai pada Juli hingga akhir tahun 2022, sukses mengendalikan inflasi pangan di tahun 2022.

Perry mengatakan, implementasi kebijakan yang dicanangkan pihaknya bersama pemerintah itu terbukti dapat menurunkan inflasi pangan dua kali lipat, dari yang semula 11,47 persen secara tahunan pada Agustus menjadi 5,61 persen di akhir 2022.

“Saat itu inflasi pangan adalah 14,7% tetapi berhasil dengan GNPIP inflasi pangan langsung turun di akhir desember 5,61%, puji syukur ini hasil yang sangat luar biasa,” ucap Perry Warjiyo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (5/3).

Perry menjelaskan, bahwa kebijakan GNPIP tahun 2022 yang dilaksanakan pihaknya, diantaranya mengadakan 2.638 pasar murah di 46 kantor perwakilan, 63 kerja sama antar daerah, 75 program subsidi ongkos angkut, dan menyalurkan 2,4 juta polybag untuk gerakan tanam cabai di 46 kantor perwakilan di daerah.

Selain itu, BI juga melaksanakan 86 program replikasi model bisnis, menyalurkan alat dan mesin pertanian senilai Rp32,21 miliar di 45 kantor perwakilan, dan menjalankan 48 program digitalisasi data dan informasi.

Di tahun ini, implementasi kebijakan GNPIP akan dilaksanakan BI dengan menyelenggarakan pasar murah di 4.683 titik, menyalurkan 2,63 juta bibit dalam program pangan mandiri.

BI juga menargetkan dapat mereplikasi best practice program pangan di 100 klaster, menjalankan 74 program hilirisasi pangan, 113 program pupuk organik, dan menyalurkan alat dan mesin pertanian senilai Rp 36,15 miliar, serta masih banyak program lainnya.

“Pada tahun 2023 ini mari kita terus perkuat sinerg idan inovasi agar GNPIP semakin sukses,” tandas Perry.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.