Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Indonesia Numismatic Show 2023 Jadi Sarana Edukasi Sejarah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia Numismatic Show 2023 berlangsung di Mal Ciputra Jakarta, sejak tanggal 2 hingga 5 Maret 2023. Acara tersebut, merupakan sebuah kegiatan mengumpulkan benda-benda yang berkaitan dengan uang, uang kertas, uang koin, token, dan benda-benda terkait lainnya yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat.

Tidak hanya kegiatan mengumpulkan barang, Numismatic juga mempelajari antara lain, sejarah mata uang, cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut.

“Indonesia Numismatic 2023 diharapkan dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi para pengunjung dan masyarakat pada umumnya sehingga bisa lebih mengenai cerita dibalik uang koin dan uang kertas yang beredar baik di Indonesian dan dunia”, ujar General Manager Mal Ciputra Jakarta, Ferry Irianto dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Sabtu (4/3).

Berbagai kegiatan dilakukan dalam acara itu, khususnya bagi para pecinta kegiatan numismatik. Para pengunjung, serasa diajak ke masa lalu dengan berbagai koleksi koin dan uang kertas yang menakjubkan.

Kemudian, kegiatan yang berkaitan dengan numismatik diselenggarakan mulai dari jual beli koin kuno, bidding, tukar menukar uang oleh para kolektor, edukasi seputar sejarah dari koin kuno, dan area bazaar numismatik yang bisa menambah wawasan bagi yang baru mengenal numismatik.

Indonesia Numismatic Show 2023
Mujirun Tokoh Engraver, pengukir uang Indonesia. [Foto : Ist]
Selain itu para numista bisa berjumpa dengan tokoh engraver atau pengukir uang Indonesia yang hampir semua mata uang Indonesia dibuat oleh tokoh Mujirun, pria asli Melikan Kidul, Bantul itu mengawali sebagai seorang engraver ketika lulus Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) di Yogyakarta tahun 1979.

Dia langsung direkrut oleh Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia). Bapak Mujirun akan hadir dan berbagi pengalaman selama event berlangsung.

Indonesia Numismatic Show 2023 didukung oleh PERURI, PT Bank Mandiri Persero, PT Bank Central Asia, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, EY Indonesia, dan SW Indonesia serta dimeriahkan oleh kehadiran para peserta pameran diantaranya Heritage Auctions, e-Bay, NGC, Stock’s Bowers and Ponterio, Number_One, Numismatik Kolektor, dan 40 peserta lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru