HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kongres ke 8 Syarekat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) yang digelar di Islamic Center Surabaya, pada 23-28 Februari 2023 telah selesai di selenggarakan.

Dari hasil Kongres tersebut, telah terpilih Ketua Umum periode 2023-2026, yakni Bintang Wahyu Saputra. Artinya, ini adalah periode kedua lulusan Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Internasional Business Management (STIE IBMT) Surabaya itu memimpin PB SEMMI.

Demisioner Sekjend PB SEMMI, Muhammad Saputra Adhi Lesmana menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Bintang sebagai Ketua Umum PB SEMMI periode kedua.

“Selamat untuk saudara Bintang Wahyu Saputra yang menang secara aklamasi, dengan ini (diharapkan) mampu membangun SEMMI lebih baik lagi ke depannya,” kata Putra dalam keterangannya kepada Holopis.com, Rabu (1/3).

Ia menyampaikan bahwa Kongres tersebut memilih Bintang secara aklamasi. Sebab, dua pesaing yang sempat maju akhirnya melepaskan medan pertandingan.

“Bobby Kurniawan tidak datang pada saat pemilihan Ketua Umum dan Ahmad Marzuki Toekan menyatakan mengundurkan diri, akhirnya Bintang Wahyu Saputra dinyatakan sebagai kandidat tunggal dan menang secara aklamasi,” paparnya.

Kemudian, ka juga Kongres PB SEMMI tersebut hanya berlangsung di Islamic Center Surabaya saja. Sehingga ketika ada agenda sejenis di tempat lain, maka secara aturan organisasi pun tidak bisa dibenarkan.

“Sebelum kongres dimulai saya mengeluarkan surat bahwa kongres SEMMI ada di Islamic Center dan jika ada kongres di tempat lain apalagi sampai membuat lanjutan, saya pastikan itu tidak sah,” tegasnya.

Diketahui bahwa ada kongres lanjutan yang tak disetujui oleh Syarikat Islam, dengan terpilihnya Bobby Kurniawan dan wilayah-wilayah yang beberapa SK-nya tidak berlaku.

Mendengar hal itu, Putra mengaku sangat kecewa dengan insiden tersebut.

“Saya pribadi kecewa mendengar ada hal tersebut terjadi, kongres lanjutan itu tidaklah di akui oleh Syarikat Islam dan Syarikat Islam memandatkan Aulia Tahkim Tjokroaminoto,” tandasnya.

Dari informasi yang berkembang dan diterima oleh demisioner Sekjend tersebut, bahwa kongres yang dimaksud adalah kongres abal-abal dan hanya dilakukan foto bersama dengan kawan-kawan Wilayah yang tak ber-SK sah.

“SK yang berlaku hanya beberapa wilayah saja dan yang lain nya tak memiliki SK atau pun mandataris sama sekali dan saya tegaskan bahwa PB SEMMI 2023-2026 di nahkodai oleh Bintang Wahyu Saputra,” pungkasnya.