Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Panglima TNI Klaim KKB Selalu Gunakan Warga Jadi Tameng Persembunyian

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan faktor utama kesulitan mereka untuk membebaskan pilot Susi Air dari penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kelompok Egianus Kogoya.

Mantan KSAL tersebut menyatakan, salah satu faktor utama yang menyebabkan aparat tidak bisa melakukan pendekatan militer karena KKB tersebut kerap berpindah tempat dan bercampur bersama warga.

“Jadi pilot masih tetap kita usahakan dicari. Karena tentunya di dalam situasi seperti ini, mereka ini kan bercampur dengan masyarakat sehingga TNI harus hati-hati di dalam melaksanakan tugasnya atau menyelamatkan itu,” kata Yudo kepada dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (28/2).

Yudo kemudian beralasan, meski aparat sudah selalu bersiaga, mereka terkendala karena para KKB tersebut selalu berkumpul bersama warga yang tidak terlibat.

“Kita optimalkan prajurit yang berada di sana, karena yang kita hadapi juga bukan musuh yang tetap, kemudian bisa berhadapan, bukan. Jadi gerombolan yang tempatnya berpindah-pindah dan bersama sama dengan penduduk. Dan ini kan tidak mudah untuk mengambil dari penduduk ini,” terangnya.

“Di lapangannya tidak mudah langsung di suatu tempat yang bisa diambil langsung, kan tidak. Itu tadi, mereka berlindung selalu dengan masyarakat, malah dengan anak-anak. Ini yang akan kita pisahkan,” sambungnya.

Yudo kemudian menekankan, tugas utama yang saat ini hanya bisa dilakukan adalah sebatas persuasif agar KKB mau melepaskan Capt. Philips. Terlebih, ketika pemerintah Selandia Baru meminta kondisi warga negara mereka tersebut bisa diselamatkan tanpa adanya pertumpahan darah.

“Kalau negosiasi ya dilaksanakan oleh Pak Bupati dengan tokoh-tokoh agama, tokoh tokoh masyarakat. Kita fasilitasi, usaha-usaha mereka kita fasilitasi,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru