HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gaya hedon para pegawai pemerintah, khususnya pegawai di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menjadi sorotan publik. Usai pegawai pajak, kini giliran pegawai Bea Cukai yang mendapat sorotan publik karena gaya hidup hedonnya. Bahkan di media sosial Twitter, #BeaCukaiHedon menjadi trending topik saat ini.

Adapun hebohnya gaya hidup mewah pegawai pajak itu bermula dari terungkapnya sebuah akun Instagram, yang diduga milik salah seorang pegawai Bea Cukai bernama Eko Darmanto.

Dalam Instagram tersebut, menampilkan sosok pria yang diduga seorang pegawai pajak memamerkan kendaraan mewah, mulai dari motor gede (moge), hingga mobil antik serta sejumlah barang ternama lainnya.

Hanya saja, akun @eko_darmanto_bc pada hari ini, Senin (27/2), sudah menghilang dari media sosial Instagram.

Berdasarkan penelusuran Holopis.com dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Eko Darmanto menjabat sebagai Kepala Kantor di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dari laporan tersebut, diketahui kekayaan yang dimiliki oleh Eko Darmanto per 15 Februari 2022, mencapai Rp15,73 miliar, dengan total hutang Rp9,01 miliar. Dengan demikian toal harta kekayaan pegawai Rp6,72 miliar.

LHKPN Eko Darmanto
LHKPN Kepala Kantor di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Eko Darmanto. [Foto : Tangkapan layar]
Sebagaimana diketahui, gaya hidup para pejabat publik di Kemenkeu menjadi sorotan publik, usai kasus penganiayaan dan gaya hidup mewah Mario Dandy Satriyo, yang merupakan anak dari pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu.