HOLOPIS.COM, JAKARTA – bus pink khusus wanita akan ditambah 20 unit oleh PT TransJakarta (Transportasi Jakarta), yang bertujuan untuk mencegah aksi pelecehan seksual kepada penumpang perempuan.

“Bus pink hadir untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual. Kami ingin penumpang wanita dapat menikmati layanan TransJakarta dengan merasa aman dan nyaman,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Senin (27/2).

Apriastini mengatakan, untuk tahap awal yang dimulai hari ini akan dioperasikan 15 unit bus pink yang melayani 5 koridor. Kelima koridor itu yakni, Koridor 2 Pulogadung-Harmoni, Koridor 3 Kalideres-Pasar Baru, Koridor 9 Pinang ranti-Pluit, Koridor 13 Ciledug-Tendean serta PGC-Harmoni 5C.

Untuk tahap selanjutnya, di bulan Maret 2023 pengoperasian bus pink akan ditambah 5 unit lagi. Sehingga, total penambahan jadi 20 unit. “Sehingga seluruhnya menjadi 20 unit armada pink dengan jangkauan 7 rute,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk berikan pelayanan terbaik PT TransJakarta juga akan perkuat sistem keamanan dengan menempatkan personel keamanan di halte dan di dalam bus. Lalu, seluruh armada TransJakarta juga sudah dilengkapi kamera CCTV.

Bahkan, untuk armada TransJakarta yang reguler sudah ada ruangan khusus wanita yang dilengkapi juga dengan kemra CCTV.

“Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan melindungi pelanggan kami dari segala bentuk gangguan keamanan. Dan bila hal itu terjadi, kami akan memfasilitasi pelanggan kami untuk menggunakan hak hukumnya, melalui jalur penegakan hukum kepada pihak berwenang,” pungkasnya.