HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, memberikan update terbaru mengenai perkembangan proses pemain naturalisasi untuk Timnas U-20 Indonesia.

Zainudin Amali mengungkapkan bahwa proses naturalisasi pemain Timnas U-20 Indonesia sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi dan tinggal menunggu tahap selanjutnya.

Diketahui bahwa sebelumnya pelatih utama Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong menekankan percepatan mengenai proses naturalisasi pemain Timnas seperti Ivar Janner, Justin Hubner hingga Rafael Struick.

Terkait hal ini, Zainudin Amali menjelaskan bahwa berkas pemain naturalisasi tersebut sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi. Hal itu diungkapkan Menpora Amali di SUGBK pada Selasa (21/2) kemarin.

“Pak Presiden sudah tanda tangan dan saya sudah terima terima tadi, cuma sayangnya harus menunggu DPR karena harus diparipurnakan. Tapi DPR sekarang sedang reses. Jadi menunggu itu,” ungkap Menpora Amali, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Rabu (22/2).

“Mereka belum bisa didaftarkan karena proses administrasinya masih ada yang harus dilalui di Komisi III, Komisi X, kemudian dibawa paripurna dan setelah itu dibawa lagi ke Presiden dan kemudian pengambilan sumpah oleh Kemenkumham,” sambungnya.

Kendati belum bisa main di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, para pemain naturalisasi tersebut menurut Menpora Amali dapat membela Timnas U-20 Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

“Insyaallah kan Presiden sudah tanda tangan. Saya tadi sudah baca dan diantarkan ke DPR. kan prosesnya di sana. Secepatnya menunggu DPR tapi kan sedang reses,” katanya.

“Jadi setelah masuk sidang berikutnya, kami akan dorong. kami sudah komunikasi dengan pimpinan Komisi X dan Komisi III untuk segera diproses. Setelah itu ke paripurna,” tukasnya.

Diketahui, para pemain naturalisasi itu kabarnya merupakan keinginan dari Shin Tae-yong sendiri, dimana prosesnya sudah terjadi saat kepemimpinan Mochamad Iriawan di PSSI.