Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

IDI Sebut IKN Bakal Tingkatkan SDM Dokter Lokal dan Layanan Kesehatan di Kaltim

Terakhir yang keempat, Arif mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara akan menambah sistem pendidikan kedokteran lebih maju dengan mendirikan fakultas kedokteran di Kalimantan Timur. Mengingat, selama ini Kalimantan Timur hanya mengandalkan Universitas Mulawarman sebagai penyuplai dokter.

“Dengan adanya IKN, jumlah fakultas kedokteran di Kalimantan Timur bisa ditambah seperti di Kutai Kartanegara maupun Balikpapan,” terangnya.

Sebagai informasi, bahwa saat ini IDI Kutai Kartanegara memiliki 302 anggota, terdiri dari 140 dokter umum dan 62 dokter spesialis yang tersebar di 18 kecamatan di Kukar.

Jika merujuk pada data jumlah penduduk 740 ribu jiwa dengan kapasitas 1 dokter harus melayani 2.500 penduduk, maka tentunya hal itu tak ideal. Sebab, kebanyakan dokter masih berdomisili di daerah padat penduduk.

“Untuk itu, IDI Kutai Kartanegara telah berkomitmen untuk mendukung dan berpartisipasi terhadap semua rencana pemerintah. Terutama yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat. Kami juga ingin, pemerintah terus menambah infrastruktur kesehatan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru