Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

IDI Sebut IKN Bakal Tingkatkan SDM Dokter Lokal dan Layanan Kesehatan di Kaltim

HOLOPIS.COM, KUTAI KARTANEGARA – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kutai Kartanegara, dr Arif Risdianto menilai, bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan sangat berdampak positif bagi masyarakat lokal. Salah satunya adalah meningkatnya pelayanan derajat kesehatan di Kalimantan Timur.

“Setidaknya ada 4 (empat) keuntungan dalam pelayanan kesehatan akan meningkat dengan hadirnya dan pemindahan IKN di Wilayah Kaltim,” kata Arif di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur seperti dikutip Holopis.com, Rabu (22/2).

Pertama kata dia, rumah sakit yang bertaraf internasional akan semakin masih dibangun di wilayah pusat IKN Nusantara, maupun daerah penyangganya khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kualitas pelayanan rumah sakit bertaraf internasional ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan migrasi 1,5 juta penduduk ke IKN Nusantara,” ujarnya.

Kebutuhan pusat layanan kesehatan masyarakat yang tersedia saat ini masih dinilai kurang mencukupi. Sebab, Rumah Sakit penopang IKN yang saat ini ada hanya RSUD Aji Muhammad Parikesit Kutai Kartanegara, RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, dan RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda.

“Ini tidak cukup, sehingga harus ditambah di daerah pengembang IKN, seperti Samboja,” jelasnya.

Manfaat kedua menurut Arif adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) dokter di Kalimantan Timur, khususnya Kutai Kartanegara. Ia yakin, dengan keberadaan IKN pun akan membuat SDM dokter di sana meningkat.

“Jumlah kuantitas dan kualitas dokter untuk memenuhi kebutuhan penduduk di IKN Nusantara akan menjadi perhatian pemerintah. Untuk pengembangan SDM, pembangunan IKN sebenarnya merupakan suatu keuntungan atau nilai lebih bagi masyarakat Kukar,” tuturnya.

Alasan ketiga, Arif menyebut bahwa IKN merupakan sebuah peluang dan keuntungan bagi putra daerah Kutai Kartanegara. Apalagi, efek positifnya adalah akan terbukanya kesempatan generasi muda lokal untuk mengakses pendidikan hingga strata 1 (S1). Lalu, bagi S1 yang berasal dari jurusan bidang kesehatan, akan bisa melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis.

Sebab kebutuhan dokter spesialis menurut Arif adalah sebuah kebutuhan yang akan sangat mendesak nantinya jika IKN resmi dioperasikan di tanah Borneo itu.

“Harus ditambah spesialis dan sub spesialis yang bisa menjangkau dan menambah jumlah layanan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan IKN nanti,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru