HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gempa kembali mengguncang Turki, tepatnya di Kota Defne, pada Selasa (21/2) pukul 20.04 waktu setempat.

Sebagaimana diberitakan AFP yang dikutip Holopis.com, gempa kali memiliki kekuatan magnitudo (M) sebesar 6,4, lebih rendah dari gempa yang terjadi di Turki pada awal bulan Februari lalu yang berkekuatan M 7,8.

Sejauh ini, pejabat Turki melaporkan 3 orang warganya tewas dan 213 orang dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan gempa kuat tersebut.

Kemudian di Suriah, White Helmets melaporkan lebih dari 130 orang terluka. Bahkan, beberapa bangunan yang sudah rusak kini menjadi runtuh.

Badan penanggulangan bencana Turki melaporkan, pihaknya mencatat gempa berkekuatan M 5,8 lainnya menyusul tiga menit kemudian setelah gempa M 6,4. Adapun pusat gempa berada di distrik Samandag, Hatay.

Tak hanya itu, terdapat dua getaran lagi berkekuatan M 5,2 sekitar 20 menit setelah gempa susulan yang pertama.

Sebagai informasi, data AFAD mencatat lebih dari 6.000 gempa susulan telah terjadi sejak gempa berkekuatan M 7,8 melanda Turki dan Suriah pada 2 Februari 2023 yang lalu.

Korban tewas akibat gempa berkekuatan M 7,8 itu sudah mencapai lebih dari 47.000 orang.