Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizPemerintah Bahas KEM-PPKF Tahun 2024 Lebih Awal, Ada Apa?

Pemerintah Bahas KEM-PPKF Tahun 2024 Lebih Awal, Ada Apa?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tercatat waktu masih menunjukkan bulan Februari 2023, namun pemerintah sudah membahas arah kebijakan makro ekonomi dan kebijakan fiskal (KEM-PPKF) tahun 2024.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa pembahasan lebih awal tersebut dilakukan agar penyusunan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 semakin matang, mengingat tahun depan pesta demokrasi yakni Pemilu.

“Pembahasan KEM-PPKF ini dilakukan lebih awal untuk kemudian dimatangkan dan dikonsultasikan bersama DPR dalam proses penyusunan APBN 2024,” kata Sri Mulyani sebagaimana dikutip Holopis.com dari unggahan di akun Instagram pribadinya @smindrawati, Senin (20/2).

Pada tahun 2024, dikatakan Sri Mulyani, penggunaan APBN akan difokuskan untuk penurunan angka kemiskinan ekstrem hingga ke level 0 persen, dan kemiskinan headline di rentang 6,5-7,5.

Selain itu, penggunaan APBN 2024 juga akan difokuskan pada penurunan stunting (ketimpangan gizi) hingga di angka 3,8 persen.

“Untuk mencapai target tersebut, fokus alokasi anggaran sudah akan dimulai sejak tahun ini,” terang mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Meski begitu, Sri Mulyani menegaskan, bahwa pihaknya masih akan terus berfokus pada pembangunan infrastruktur sebagaimana yang telah dijalankan di tahun sebelum-sebelumnya.

“Pemerintah juga akan terus berfokus pada pembangunan infrastruktur karena ini akan meningkatkan produktivitas dan daya saing dari perekonomian Indonesia,” tegasnya.

Tak sampai di situ, pemerintah juga terus berupaya menarik minat investor untuk berinvestasi di Indonesia melalui berbagai insentif, seperti insentif perpajakan.

Awal Tahun 2024 nanti, pemerintah memproyeksi defisit Indonesia tetap menurun pada level 2,16 persen hingga 2,64 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Dengan landasan ini, kita akan tetap menjaga kondisi perekonomian Indonesia yang sedang baik dan kuat ini ke depannya,” harapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.