HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jabodetabeka-Banten, Fadli Rumakefing menyoroti kepemimpinan baru di tubuh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dia menyebut, kepengurusan ferederasi sepak bola Tanah Air itu kini diisi oleh sosok-sosok menteri yang dinialinya tidak berprestasi selama di pemerintahan.

“Bisa kita lihat ada Erick Thohir sebagai ketua umum dan Zainudin Amali sebagai wakil ketua umum,” kata Fadil dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Senin (20/2).

Sebagai informasi, Erick Thohir kini masih menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).Begitupun dengan wakilnya, Zainudin Amali yang kini juga masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Fadil lantas mempertanyakan kinerja mereka berdua dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang menteri di Kabinet Indonesia Maju jilid II.

“Saya kira selama mereka menjabat tidak ada prestasi apapun yang bisa membanggakan kementerian yang mereka pimpin,” tukasnya.

Fadil juga menilai, kedudukan keduanya di PSSI juga telah melanggar ketentuan perundang-undangan.

“Selain tidak punya prestasi, Erick Thohir dan Zainudin Amali telah menabrak ketentuan Pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara,” kata Fadil.

Dalam Pasal tersebut dijelaskan, bahwa Menteri dilarang untuk merangkap jabatan di oraganisasi yang dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kami menunggu sikap kepemimpinan Erick Thohir dan Zainudin Amali, apakah kedua pejabat negara ini memilih untuk mundur dari salah satu jabatannya secara kesatria atau malah menjadi pragmatis dengan menduduki dua jabatan sekaligus,” tutupnya.