HOLOPIS.COM, JAKARTA – Desahan menjadi salah satu ekspresi dilakukan saat bercinta, yang menandakan kepuasan sehingga bisa melepas stress, membuat tubuh rileks, dan meningkatkan keintiman terhadap pasangan.

Namun dikutuip Holopis.com dari Men’s Journal, Senin (20/2), desahan seorang wanita sulit dibedakan apakah ia menikmati atau hanya desahan palsu agar tidak mengecewakan pasangannya.

“Sering kali ini merupakan respons empati untuk tidak merasa ingin mengecewakan pasangannya dan menghindari pasangan berpikir bahwa mereka tidak melakukannya dengan baik,” terapis psikoseksual dan pasangan, Kate Moyle yang dikutip Holopis.com.

“Sayangnya yang sering terjadi adalah ini kemudian memulai proses kekecewaan yang lebih buruk karena ada ekspektasi orgasme. Ketika dia tidak terjadi, itu menyebabkan kebingungan,” sambungnya.

Sedangkan terapis perilaku kognitif, Paul DePompo menjelaskan, saat wanita mendesah ketika bercinta itu dikarenakan ia sedang merasakan tekanan untuk orgasme atau ingin membuat pria segera mengakhiri aktivitas seksual tersebut.

“Semakin wanita terlihat menikmati, pria merasa dirinya ‘hebat’ karena berhasil memuaskan pasangan dan hubungan seks pun cepat usai,” ujarnya.