HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah berhasil mengidentifikasi 2 (dua) jenazah korban gempa Turki, yang merupakan warga negara Indonesia (WNI).

Kasatgas Misi Kemanusiaan Turki 2023, Brigjen Gatot Tri Suryanta menerangkan, bahwa kedua jenazah WNI tersebut bernama Irma Lestari (33) dan Ni Wayan Supini (45). Keduanya sama-sama berjenis kelamin perempuan dan berasal dari Bali.

“Dua jenazah ditemukan di bawah reruntuhan gedung apartemen Galeria di Kota Dyarbakir. Korban tertimbun kurang lebih 2 minggu dengan kondisi sulit dikenali secara visual,” kata Gatot dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (19/2).

Atas hal itu, lanjut Gatot, perlu dilakukan identifikasi secara scientific untuk hasil yang lebih akurat. Atas permintaan dari Kedubes RI untuk Turki, Tim DVI Polri pun langsung melakukan pemeriksaan dua jenazah korban yang sebelumnya dinyatakan hilang kontak di Dyarbakir, Turki.

Adapun untuk proses identifikasi kedua korban dilakukan dengan cara berbeda-beda. Untuk korban bernama Irma, dilakukan identifikasi berdasarkan catatan medis dan properti. Sementara untuk korban Ni Wayan Supini teridentifikasi berdasarkan catatan medis, gigi dan properti.

“Selanjutnya kedua jenazah akan dipulangkan ke tanah air oleh pemerintah melalui KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang direncanakan akan didampingi Atpol KBRI Ankara,” katanya.